Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Selasa, 16 Okt 2018 - 11:55:03 WIB
Bagikan Berita ini :

Bangun Kota Palu Baru, Pemerintah Siapkan Anggaran Rp 6 Triliun

61kotapalu.jpg
Kota Palu, Sulawesi Tengah luuh lantak setelah dihantam gempa dan tsunami (Sumber foto : ist)


JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Setelah luluh lantak akibat gempa dan tsunami, pemerintah akan membangun Kota Palu baru. Anggaran pembangunan ini diperkirakan mencapai Rp 6 triliun.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyatakan, pemerintah menyiapkan rancangan (master plan) pembangunan kota Palu baru. Meski belum mengetahui pasti, Basuki memperkirakan pembangunan Palu baru membutuhkan anggaran sekitar Rp5 triliun-Rp6 triliun. Rancangan pembangunan ditargetkan selesai tahun ini.

Menurut dia, pembangunan Palu baru diperlukan mengingat rehabilitasi di lokasi sebelumnya tak memungkinkan dilakukan.

"Ada gempa bumi, tsunami, dan likuifaksi. Jadi, tak mungkin dibangun di tempat semula. Sehingga, kami mau bangun Palu baru. Kami harus bangun master plan baru," terang dia di Kompleks Istana Kepresidenan, Senin (15/10/2018).

Basuki melanjutkan rancangan dibentuk dengan memperhatikan patahan serta histori gempa di Palu selama ini. Pembentukan bakal melibatkan deputi regional Bappenas, Kementerian Agraria dan Tata Ruang, BMKG, dan Badan Geologi.

Pemerintah juga menggandeng tim ahli dari Jepang guna meneliti komposisi, serta struktur bumi. Beberapa daerah menjadi opsi lokasi Palu baru, seperti Duyu, Tondo, dan Pembewe.

Para kementerian dan lembaga terkait disebut sudah bekerja di lapangan memeriksa geologi. Hasil pemantauan disebut akan dilaporkan kepada Wakil Presiden Jusuf Kalla dalam dua minggu ini agar segera dirapatkan dengan pemerintah daerah.

"Ini harus segera selesai. 2019 mulai kami bangun ke 2020, insyaallah semuanya akan dan harus selesai semua berdasarkan master plan baru," tuturnya.

Sebelum Palu baru dibangun, masyarakat akan direlokasi ke sekitar 1.200 hunian sementara (huntara) yang dilengkapi dengan MCK (Mandi Cuci Kakus), dapur umum, dan kebutuhan hidup lainnya. Satu huntara bisa menampung 10 keluarga. (plt)

tag: #bencana-alam  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Fraksi PKS Sangat Kecewa AS Veto Keanggotaan Penuh Palestina di PBB

Oleh Sahlan Ake
pada hari Sabtu, 20 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini sangat kecewa dan menyesalkan sikap Amerika Serikat (AS) yang memveto draf resolusi untuk mengakui secara penuh keanggotaan Palestina di ...
Berita

TKN Akan Gelar Nobar Sidang Putusan Sengketa Pilpres

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran bakal menggelar acara nonton bareng sidang putusan sengketa hasil Pilpres 2024. Acara itu akan digelar secara sederhana bersama ...