Jakarta
Oleh Bara Ilyasa pada hari Senin, 29 Okt 2018 - 23:33:22 WIB
Bagikan Berita ini :

Dirut Baru Transjakarta Pasang Target 800.000 Penumpang/ Hari

7159067_620.jpg.jpg
Halte Transjakarta Dukuh Atas dengan tujuan Ragunan di padati antrian warga Jakarta. (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Direktur Utama PT Transjakarta baru, Agung Wicaksono, menargetkan capaian penumpang lebih tinggi dibandingkan realisasi saat ini.

Berdasarkan data Pemprov DKI, Transjakarta ketika dipimpin Budi Kaliwono mampu menaikkan penumpang dari 420 ribu per hari menjadi 721 ribu penumpang per hari. Dengan kata lain, jika pada 2016 Transjakarta telah mengangkut penumpang sebanyak 123,7 juta orang, kini meningkat menjadi 144,8 juta penumpang di tahun 2017.

"Untuk tahun ini, saya sudah tandatangani kontrak kerja, maksimal target 800 ribu (penumpang) per hari," kata Agung, Jakarta, Senin (29/10/2018).

Sementara itu, sejak awal 2018 hingga saat ini, Transjakarta telah mengangkut 127,5 juta orang sampai dengan bulan September 2018.

Agung menuturkan, dirinya sudah menemui Gubernur DKI Anies Baswedan pada Kamis (25/10/2018) pekan kemarin.

Kala itu, Anies menitipkan pesan agar Agung menjalankan konsep integrasi Transjakarta dengan moda transportasi lain.

Menurutnya, saat ini Transjakarta yang berstatus bus rapid transit (BRT) memiliki irisan dengan beberapa moda, yaitu dengan operator bus kecil atau angkutan kota (angkot), mass rapid transit (MRT), kereta commuterline Jabodetabek, kereta bandara, hingga light rail transit (LRT).

"Saya sudah diskusi dengan Pak Budi (Kaliwono). Target utama integrasi di internal Transjakarta sendiri. Kedua, integrasi antar operator. Ketiga, integrasi dengan angkutan berbasis rel ada MRT dan LRT," ucapnya.

Konsep integrasi antarmoda transportasi di Jakarta dikenal dengan sebutan Jak Lingko. Jargon tersebut diperkenalkan oleh Anies beberapa waktu lalu untuk menggantikan program One Karcis One Trip (OK OTRIP).

Jak Lingko memiliki makna Jak yang berarti Jakarta dan Lingko berarti jejaring atau pengintegrasian.

"Saya akan ikuti prinsip Jak Lingko. Kuncinya untuk mengintegrasikan. Mengenai bagaimananya, secara detail akan pelajari lebih jauh," jelas dia.

Seperti diketahui, Kepala Badan Pembinaan BUMD DKI dan Penanaman Modal DKI Yurianto mengatakan pergantian direksi dilakukan untuk penyegaran direksi dan melengkapi posisi personel manajemen yang masih kosong di Transjakarta.

Serah terima jabatan dilakukan secara resmi pada Senin (29/10/2018) di Balai Kota DKI. Agung sendiri sebelumnya merupakan Direktur Operasional PT MRT Jakarta. (Alf)

tag: #bus-transjakarta  #pemprov-dki  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Jakarta Lainnya
Jakarta

Mahasiswa Kecewa dengan Sikap KPK: Ancam Akan Lapor ke Jokowi

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 10 Agu 2022
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Menggugat kembali melakukan aksi di depan Kantor Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas). Massa aksi ...
Jakarta

Muncul Nama Heru Budi Hartono Pengganti Anies Baswedan, Siapa Dia?

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan habis masa jabatan pada 16 Oktober 2022. Mengingat Pilkada baru digelar 2024, posisi Anies akan diisi oleh penjabat ...