Jakarta
Oleh Bara Ilyasa pada hari Jumat, 09 Nov 2018 - 19:37:04 WIB
Bagikan Berita ini :

Ditiru Jokowi, Anies: Dulu Banyak Kritik Tidak Mungkin Ada DP 0

83antarafoto-rumah-susun-dp-0-rupiah-210118-gp-1_ratio-16x9.jpg.jpg
Ilustrasi (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersyukur pemerintah pusat di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi berencana menyiapkan skema pembiayaanrumah dengandown payment(DP) 0 persen bagi ASN, TNI, dan Polri.

Menurut Anies, hal itu sekaligus membuktikan bahwa program rumah dengan DP 0 rupiah yang digagasnya di Jakarta bisa direalisasikan.

"Alhamdulillah, artinya itu membuktikan bahwa memang ini pendekatan yang memang bisa dilakukan. Dulu kan banyak kritik bahwa ini tidak mungkin ada DP 0, ini nyatanya mungkin," ujar Anies di kawasan Pecenongan, Jakarta Pusat, Jumat (9/11/2018).

Menurut Anies, secara prinsip, program DP 0 persen dengan DP 0 rupiah memiliki kesamaan, yakni program kepemilikan rumah tanpa memakai DP. Hal ini memudahkan masyarakat memiliki rumah.

"Saya apresiasi sekali bahwa perumahan menjadi perhatian. Salah satu pemberat orang untuk memiliki rumah adalah membayar DP karena selama mereka bekerja belum tentu sanggup menabung untuk bisa punya DP," kata Anies.

Sebelumnya, pemerintah berencana menyediakan rumah layak huni bagi ASN, TNI, dan Polri yang belum memilikinya.

Menurut rencana, pemerintah hanya menyiapkan skema pembiayaan DP 0 persen bagi ASN, TNI, dan Polri yang ingin memiliki rumah layak huni tersebut.

"Skema khususnyavery clear.Kalau ini program pemerintah, DP bisa kami kasih 0 persen," ujar Ketua Dewan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso, Rabu (7/11/2018).

Saat ini, pemerintah sedang menginventarisasi lahan kosong aset seluruh lembaga/kementerian yang ada.

Setelah itu, pemerintah juga bekerja sama dengan lembaga keuangan swasta membangun rumah di lahan itu. Rumah yang dimaksud tergantung letaknya.

Apabila di Jakarta dan sekitarnya, rumah berbentuk rumah susun. Namun, apabila berada di luar Jakarta dan sekitarnya, kemungkinan besar adalah rumah tapak. (Alf)

tag: #anies-baswedan  #pemprov-dki  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Jakarta Lainnya
Jakarta

Mahasiswa Kecewa dengan Sikap KPK: Ancam Akan Lapor ke Jokowi

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 10 Agu 2022
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Menggugat kembali melakukan aksi di depan Kantor Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas). Massa aksi ...
Jakarta

Muncul Nama Heru Budi Hartono Pengganti Anies Baswedan, Siapa Dia?

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan habis masa jabatan pada 16 Oktober 2022. Mengingat Pilkada baru digelar 2024, posisi Anies akan diisi oleh penjabat ...