Ragam
Oleh Hatta Syamsuddin pada hari Jumat, 23 Nov 2018 - 06:35:25 WIB
Bagikan Berita ini :

Bangsa (belum) Gemar Membaca

69hipwee-bungkarno1-750x422.jpg.jpg
Bung Karno sedang membaca Buku (Sumber foto : ist)

Mungkin diantara kita tidak banyak yang tahu bahwa pada tanggal 14 September 1995 telah dicanangkan hari kunjung perpustakaan oleh Presiden Soeharto. Tujuannya tentu seputar meningkatkan minat baca masyarakat Indonesia yang tergolong masih rendah.

Pertanyaan berikutnya adalah, apakah setelah berjalannya gerakan tersebut, minat baca masyarakat Indonesia bertambah tinggi ? . Sayangnya data yang ada tidak demikian, justru menunjukkan hal yang memprihatinkan. Penelitian yang diadakan oleh Central Connectitut State University menempatkan peringkat minat baca masyarakat Indonesia dalam World’s Most Literate Nations berada di urutan 60 dari 61 negaran (red. data tahun 2016). Data lain didapat lebih awal, yaitu pada tahun 2012, dimana tingkat membaca penduduk Indonesia yang dilansir oleh UNESCO hanya pada angka 0,001. Angka itu menunjukkan bahwa, dari 1.000 penduduk, hanya ada 1 orang yang mempunyai minat baca dengan baik dan serius.

Data di atas terkait rendahnya minat baca bangsa kita tentu sangat memprihatinkan, setidaknya dilihat dari dua sisi. Pertama, karena bangsa ini mempunyai banyak inspirasi tentang sosok-sosok pembaca bahkan penggila buku sejati, bahkan diantara mereka adalah para pahlawan utama dan pemimpin negeri ini. Sebut saja para dua dari para founding fathers bangsa ini, bung Karno dan bung Hatta, teramat sangat dikenal sebagai pemimpin-pemimpin yang gila buku. Bung Karno sejak kecil gemar membaca, ia mengenang hal tersebut dalam autobiografinya dengan menyebutkan : “ Seluruh waktuku kugunakan untuk membaca, sementara yang lain bermain-main, aku belajar. Aku mengejar ilmu pengetahuan di samping pelajaran sekolah”. Kebiasan tersebut terus dijalani sepanjang hidup dan perjuangan sang proklamator, bahkan saat pengasingan di Bengkulu tercatat koleksi bung Karno mencapai 1000 judul buku. Hingga saat ini kita masih bisa bernostalgia melihat buku-buku yang pernah di baca Bung Karno, baik di perpustakaan nasional maupun berjajar rapi di Istana Jokowi.

Kita tidak lupa bagaimana kutu bukunya Bung Hatta sampai disebutkan bahwa istri pertamanya adalah buku, baru berikutnya wanita. Ketika pulang dari perkuliahan di Belanja ia membawa 13 peti penuh berisi buku, sehingga petugas pelabuhan Tanjung Priuk sampai menghabiskan waktu tiga hari untuk memeriksa satu persatu. Begitu berharganya arti sebuah buku bagi bung Hatta, saat akan pulang dari pengasingan di Banda Neira, beliau memperjuangkan satu peti bukunya untuk ikut dibawa bersama pesawat kecil yang menjemputnya.

Kita juga tidak lupa bagaimana sosok ulama sekaligus pahlawan kita, Buya Hamka, beliau menghabiskan waktu dalam sehari 5-6 jam khusus untuk membaca, termasuk membaca Al Quran. Karena kegemarannya tersebut, ketua MUI pertama ini dikenal sebagai seorang otodidak dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan seperti filsafat, sastra, sejarah, sosiologi dan politik, baik Islam maupun Barat
Hamka juga sangat produktif menulis, beliau telah menghasilkan karya, baik novel maupun tulisan keagamaan sebanyak 79 judul, bahkan diantaranya adalah karya monumental beliau Tafsir Al Azhar 30 juz yang beliau selesaikan saat dalam penjara masa Soekarno.

Bukan hanya dari kalangan pahlawan, bangsa ini juga mempunyai banyak inspirasi dari para pemimpin atau presiden yang gemar buku. Sebut saja BJ. Habibie dan SBY yang sangat dikenal hoby membaca buku, hingga kini masing-masing telah membuat perpustakaan dengan koleksi buku yang sangat banyak. Perpustakaan milik SBY tercatat memiliki sebanyak 13.500 judul buku. Begitu pula dengan Presiden ke-4 Abdurrahman Wahid, yang memang sejak kecil tumbuh berkembang dari keluarga pecinta ilmu, maka ia begitu gemar melahap buku-buku tebal jauh melampaui usianya. Saat kuliah di Kairo dan Bagdad pun ia banyak menghabiskan waktu untuk membaca anek ragam buku di banyak perpustakaan.

Walhasil, dengan banyaknya inspirasi gemar membaca dari para pahlawan dan pemimpin negeri ini, semestinya bisa meningkatkan minat baca masyarakat kita. Namun kenyataan yang ada sayangnya tidak demikian.

Kemudian sebab Kedua mengapa rendahnya minat baca masyarakat Indonesia adalah hal yang sangat memprihatinkan, tidak lain karena bangsa Indonesia masyarakatnya mayoritas adalah muslim. Sementara ajaran Islam sangat menekankan bagi umatnya untuk membaca dan meningkatkan pengetahuan. Bukankah wahyu yang pertama kali diturunkan kepada Rasulullah SAW juga perintah membaca ?. Sehingga semestinya seorang muslim menjadi yang terdepan dalam menjalani budaya membaca dan belajar.

Imam Syafi dalam kitab syairnya sangat banyak memotivasi terkait semangat belajar dan meningkatkan ilmu. Dia menuliskan : Siapa orang yang tak pernah merasakan sulitnya belajar; dia akan terus merasakan hinanya kebodohan sepanjang hidupnya. Terkait soal buku, pepatah Arab juga memberikan motifasi dengan mengatakan, sebaik-baik teman duduk setiap waktu adalah buku. Motivasi lainnya bisa kita dapat dari Dr. Aidh Al-Qarni dalam buku best sellernya La Tahzan. Ia mengutip perkataan Abu Ubaidah, ia berkata , “ Al Muhallab memberikan nasihat kepada anaknya sebagai berikut. “ Wahai anakku, janganlah engkau berlama-lama di pasar kecuali engkau mengunjungi pembuat baju perang atau penjual buku “

Ajaran Islam yang mulia dalam mencintai dan ilmu sangat dipahami para ulama dan diaplikasikan dengan baik dalam kehidupannya sehari-hari. Majduddin Ibn Taimiyyah (Kakek Syaikhul Islam Ibn Taimiyyah) misalnya, karena semangatnya dalam belajar, jika akan masuk kamar mandi berkata kepada orang yang ada di sekitarnya: “Bacalah kitab ini dengan suara keras agar aku bisa mendengarnya di kamar mandi”. Tentu kitab yang dimaksud adalah jenis kitab yang bisa dibahas dan dicerna saat seseorang di kamar mandi, bukan bahasan tentang Al-Quran dan Hadist. bahkan Ulama lain Al-Hasan alLu’lu-I, selama 40 tahun tidaklah tidur kecuali kitab berada di atas dadanya.

Kembali tentang minat baca yang rendah di negeri ini, sungguh banyak alasan yang bisa kita hadirkan untuk sekedar memakluminya. Namun ujung dari semua itu adalah motivasi diri yang lemah. Karena itu mari kita mulai dari kita sendiri dan keluarga, untuk lebih mencintai buku, membaca dan mempelajarinya. Kita juga harus tularkan budaya membaca secara khusus pada anak-anak kita, karena bangsa ini masih sangat membutuhkan pemimpin-pemimpin yang berkualitas seperti Bung Karno, bung Hatta dan Buya Hamka. Wallahu a'lam

tag: #hattasyamsuddin  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Ragam Lainnya
Ragam

Film Buya Hamka Luar Biasa, Wajib Ditonton dan Perlu

Oleh Abdullah Al Faqir/Adang Suhardjo
pada hari Sabtu, 29 Apr 2023
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketika saya menerima undangan dari Chandra Tirta W saat itu saya sedang di Bandung, dan saya mempercepat kepulangam ke Jakarta dari rencana sebelumnya akan pulang hari ...
Ragam

Abdul Wachid Gelar Acara Bukber dan Santunan Bersama 1000 Anak-anak Yatim dan Piatu

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota DPR RI dari fraksi partai Gerindra, Abdul Wachid mengadakan acara buka bersama dan santunan bagi seribuan anak-anak Yatim dan Piatu di kediamannya. Rangkaian ...