Jakarta
Oleh Bara Ilyasa pada hari Selasa, 11 Des 2018 - 18:24:18 WIB
Bagikan Berita ini :

Pengguna Kartu Jak Lingko Gratis Gunakan Mikro Bus Transjakarta Tanah Abang

15ujicoba-okotrip-antarafoto.jpg.jpg
Ilustrasi (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Manajemen PT Tranjakarta telah mengoperasikan lima unit mikro bus di Tanah Abang mulai hari ini, Selasa (11/12/2018). Mikro bus dipastikan gratis selamanya bagi pengguna Jak Lingko.

Direktur Utama PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) Agung Wicaksono menjelaskan,untuk pengemudi mikro bus yang sudah kontrak dengan pihaknya akan dibayar oleh negara sehingga tidak perlu meminta uang dari para penumpang.

"Dibayar negara, bukan gratis. Khawatirnya salah tangkap, para angkutan Jak Lingko nanti tanya "kita dibayar pake apa?" Gratis itu buat penumpangnya. Penumpangnya pegang kartu, tapping, enggak boleh ada yang mengeluarkan uang lagi. Si perusahaan telah berkontrak dengan Transjakarta sesuai dengan kilometer yang ditempuh, dia akan dibayar," ujar Agung Wicaksono di Jakarta, Selasa (11/12/2018).

Agung kemudian menjelaskan pola pembayaran bagi para pengemudi yang sudah bekerja sama dengan PT Transjakarta. Bayarannya, Tanah Abang sekitar Rp3800 per kilometer dengan hitungan 180 km per hari yang dinilai jumlahnya sangat memadai untuk membayar operasional angkutan terintegrasi.

"Total Jak Lingko untuk mikro bus ada delapan rute, yang dimana tantangannya hanya ada 61 kendaraan yang memenuhi syarat meskipun Dinas Perhubungan DKI Jakarta merekomendasikan 307 unit mikro bus.
Tantangan tersebut, lanjut Agung, karena pihaknya sangat selektif untuk memilih angkutan yang hendak bekerjasama," katanya.

Selain itu, kata Agung bagi perusahaan transportasi atau koperasi yang ingin bergabung dengan Jak Lingko harus memiliki kendaraan yang layak dan dievaluasi sebab kualitas kendaraan sangat berdampak pada standar pelayanan minimum.

Lalu, para pengemudi harus memiliki SIN A Umum karena sesuai dengan intruksi Gubernur DKI Anies Baswedan.

"Mereka (pengemudi) harus daftar, ujian dan bayar, nah ini kendalanya. Karena ini cukup berat, kami akan mengambil langkah untuk membantu mereka agar mengikuti ujian SIM A Umum. Kami sudah bekerja sama dengan kepolisian, mereka siap mendukung termasuk skema pembiayaan ujiannya," jelas Agung. (Alf)

tag: #bus-transjakarta  #pemprov-dki  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Jakarta Lainnya
Jakarta

Mahasiswa Kecewa dengan Sikap KPK: Ancam Akan Lapor ke Jokowi

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 10 Agu 2022
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Menggugat kembali melakukan aksi di depan Kantor Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas). Massa aksi ...
Jakarta

Muncul Nama Heru Budi Hartono Pengganti Anies Baswedan, Siapa Dia?

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan habis masa jabatan pada 16 Oktober 2022. Mengingat Pilkada baru digelar 2024, posisi Anies akan diisi oleh penjabat ...