Berita
Oleh Ahmad Syaikh pada hari Kamis, 20 Des 2018 - 14:44:49 WIB
Bagikan Berita ini :
Empat Ruas Diresmikan Lagi

Pembangunan Tol Trans Jawa Tuntas

30Jokowi Tol Trans Jawa.jpg.jpg
Presiden Jokowi meresmikan empat ruas tol di Jawa Timur (Sumber foto : Istimewa)

KERTOSONO (TEROPONGSENAYAN) -- Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono menegaskan selesainya pembangunan empat ruas tol di Jawa Timur telah menuntaskan pembangunan tol Trans Jawa.

"Dengan tersambungnya ruas tol Trans Jawa dari Merak hingga Grati-Pasuruan, maka dari 2015 hingga 2018, telah selesai secara keseluruhan pembangunan 616 km jalan tol," kata Basuki seperti dikutip Antara, Kamis (20/12/2018).

Penyelesaian pembangunan empat ruas tol ini melengkapi ruas-ruas jalan tol yang telah dioperasikan sebelumnya, yakni pada kurun 1978 hingga 2004 sepanjang 242 km jalan tol, serta pada kurun 2005 hingga 2014 sepanjang 75 km.

"Kita berada pada ruas tol Trans Jawa yang membentang dari Merak hingga Banyuwangi sepanjang 1.150 km," jelasnya.

Dari total panjang tol tersebut, 933 km kini telah tersambung dari Merak hingga Grati-Pasuruan, termasuk empat ruas jalan tol yang baru saja diresmikan Jokowi.

Perlu diketahui, keempat ruas jalan tol Trans Jawa di Jawa Timur tersebut mempunyai panjang keseluruhan 59 km meliputi Wilangan-Kertosono (38 km), Kertosono-Bandar (1 km), relokasi Porong – Gempol (6 km), dan Pasuruan-Grati (14 km).

Keempat ruas jalan Tol Trans Jawa yang telah diresmikan presiden hari ini, Kamis 20 Desember 2018, agar dimanfaatkan oleh masyarakat luas yang ingin mengisi liburan Natal dan Tahun Baru. Tak hanya itu, Menteri PUPR juga mengusulkan kepada Presiden agar tarif keempat ruas tol Trans Jawa yang baru diresmikan itu digratiskan hingga berakhirnya libur Natal dan Tahun Baru.

"Kami usulkan kepada Bapak Presiden bahwa tarif keempat ruas tol yang akan diresmikan kiranya dapat digratiskan hingga berakhibera libur Natal dan Tahun Baru 2019," ujar Basuki. (ahm)

tag: #liburan-natal  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

UU Perampasan Aset dan BLBI Jadi PR Prabowo-Gibran

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 26 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Presiden dan Wakil Presiden (Wapres) terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka harus melanjutkan agenda pemberantasan korupsi yang sudah dicanangkan ...
Berita

Ketua DPD PAN Ahmad Fauzi Nilai Zulkifli Hasan Layak Lanjutkan Ketum PAN

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua DPD PAN Kabupaten Labuhanbatu Utara sumut Ahmad Fauzi Syahputra menilai, Zulkifli Hasan layak dan pantas untuk kembali menjabat sebagai Ketua Umum (Ketum), PAN ...