Berita
Oleh Mandra Pradipta pada hari Kamis, 27 Des 2018 - 14:41:19 WIB
Bagikan Berita ini :

Lagi, DPR Ingatkan Pemerintah Soal Utang

73Bamsoet-Alus-2.jpg.jpg
Bambang Soesatyo (Istimewa) (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Besaran utang luar negeri (ULN) Indonesiayang begitu besar terus menjadi perhatian masyarakat. Menurut catatan Bank Indonesia (BI)yang dipublikasikanpada Selasa (17/12/2018) lalu, ULN pada akhir Oktober 2018 telah mencapai US$360,5 miliar atau jikadikonversi dengan kurs Rp14.500 per dolar AS, maka besaran ULN Indonesdia mencapai Rp5.227 triliun.

"Pemerintah memastikan bahwa volume ULN itu masih dalam batas wajar dan aman. Dalam arti, negara masih sangat mampu membayar ULN, karena rata-rata pertumbuhan ekonomi 5 persen, sementara total pinjaman dari luar pada kisaran 2 persen dari tingkat pertumbuhan," kata Ketua DPR RI Bambang Soesatyo di Jakarta, Kamis (27/12/2018).

"Volume ULN dipastikan akan menurun seiring dengan mulai beroperasinya sejumlah proyek infrastruktur yang telah dibangun," tambahnya.

Kendati demikian, Bamsoet mendorong Pemerintah untuk mengelola ULN dengan baik dan benar, dentan dilandasi aspek kehati-hatian.

Jangan sampai, lanjut dia, persoalan ULB ini menimbulkan tafsir yang liar, sehingga pemerintah perlu secara khusus membangun komunikasi yang intens dengan publik guna menjelaskan berbagai aspek tentang ULN.

"Selama ini, di tengah maraknya diskusi atau perdebatan mengenai ULN, DPR melihat Menteri Keuangan bekerja sendiri untuk menanggapi dan menjelaskan berbagai aspek tentang ULN," jelasnya.

"Tidak ada salahnya jika kementerian keuangan dan BI bekerja sama membentuk sebuah tim yang akan pro aktif memberi penjelasan kepada berbagai elemen masyarakat," tambahnya.(ahm)

tag: #bamsoet  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement