Berita
Oleh Mandra Pradipta pada hari Rabu, 16 Jan 2019 - 20:07:17 WIB
Bagikan Berita ini :

Banyak Perguruan Tinggi Belum Terakreditasi dengan Baik

19komisi-x-dpr-ri_20160525_143645.jpg.jpg
Rapat Komisi X DPR RI, Senayan. (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Anggota Komisi X DPR RI Ledia Hanifa Amaliah mengungkapkan, hingga kini masih banyak perguruan tinggi yang belum terakreditasi dengan baik.

Hal ini disebabkan karena tidak semua perguruan tinggi berada di bawah Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), sehingga membuat pengelolaannya tidak maksimal.

"Permasalahannya adalah tidak semua perguruan tinggi berada di bawah Kemenristekdikti, namun ada yang di bawah kementerian lain. Sehingga ini yang harus kita cari lebih dalam, bagaimana mereka mengelolanya dengan baik," kata Ledia di Jakarta, Rabu (16/1/2019).

Ketua DPP PKS ini mencontohkan ijazah dan akreditasi akademi maritim dikeluarkan oleh Kemenristekdikti.

Namun, jika tidak mempunyai sertifikasi, membuat lulusannya tidak bisa melaut, dan sertifikasi tersebut dikeluarkan oleh Kementerian Perhubungan.

Hal tersebut, menurut dia, harus dijadikan satu sehingga lebih mudah.

Ledia berharap, di tahun 2019 ini, perguruan tinggi sudah didominasi dengan akreditasi B, karena di tahun 2018 masih banyak perguruan tinggi yang didominasi akreditasi C.

Karena itu, menurut legislator dapil Jawa Barat itu, perlu adanya dorongan dan kerja sama dari berbagai pihak.

"Tahun 2018 itu sekitar 60 persen perguruaan tinggi didominasi dengan akreditasi C, dan di tahun 2019 ini kita harus bekerja sama dengan berbagai pihak agar akreditasinya didominasi B. Sehingga dengan selanjutnya dominasinya akan terus menaik dan mencapai puncak," imbuhnya. (Alf)

tag: #komisi-x  #dpr  #kemenristekdikti  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Arus Balik Lebaran, KAI Catat 47 Ribu Orang Masuk Jakarta

Oleh Sahlan Ake
pada hari Senin, 15 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --PT Kereta Api Indonesia (KAI) mencatat jumlah penumpang yang masuk Jakarta pada arus balik Lebaran hari ini, Senin (15/4/2024), mencapai 47.613 orang. Angka ini meningkat ...
Berita

Telkom Berkomitmen Bantu Masyarakat Hadapi Era Ekonomi Digital

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) selaku salah satu perusahaan digital telco terbesar di Indonesia, berkomitmen untuk turut serta membantu masyarakat dalam ...