Berita
Oleh Ahmad Syaikh pada hari Sabtu, 19 Jan 2019 - 14:01:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Sah, KPU Tak Lagi Beri Kisi-isi pada Debat Pilpres Kedua

39Debat Pilpres.jpg.jpg
Debat Pilpres 2019 (Istimewa) (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menyatakan tidak lagi memberikan kisi-kisi pertanyaan kepada kedua kandidat capres-cawapres pada pelaksanaan debat pilpres kedua 17 Februari mendatang di Hotel Sultan.

Menurut Komisioner KPU RI, Wahyu Setiawan, kebijakan ini diambil sebagai bentuk evaluasi KPU terhadap pelaksanaan debat perdana Kamis 17 Januari lalu, yang dinilai tidak memuaskan publik.

"KPU berupaya mengartikulasikan harapan publik, sehingga untuk debat berikutnya abstraksi soal yang dibuat panelis tidak diberitahukan kepada kandidat," kata dia seperti dikutip Antara di Jakarta, Sabtu (19/1/2019).

Dengan begitu, lanjut Wahyu, diharapkan pelaksanaan debat pilpres dapat berjalan lebih baik dari debat perdana.

"Debat pertama tampaknya belum sepenuhnya memenuhi harapan publik. Sebagai pelayan publik dalam bidang kepemiluan, KPU terbuka terhadap kritik dan saran," jelasnya.

Sebelumnya, kebijakan KPU yang telah memberikan bocoran kisi-kisi pertanyaan debat kepada tim sukses kandidat mendapat penolakan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) dan sejumlah kelompok masyarakat.

JK mengatakan pemberian kisi-kisi pertanyaan tidak layak dilakukan pada debat capres-cawapres, melainkan lebih menyerupai bimbingan belajar bagi pelajar yang akan mengikuti ujian.

Untuk itu, JK menyarankan KPU tidak lagi memberikan bocoran soal kepada tim sukses masing-masing pasangan capres-cawapres, di sisa debat Pilpres 2019.

Perlu diketahui, debat pilpres kedua yang akan diikuti kedua capres, Joko Widodo dan Prabowo mengusung tema energi, pangan, sumber daya alam dan lingkungan hidup. (ahm)

tag: #pilpres-2019  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Hardjuno Pertanyakan Ketegasan Pemerintah dan DPR Soal Pemberantasan Korupsi

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 17 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Komitmen pemerintah dan DPR terhadap agenda pemberantasan korupsi kembali dipertanyakan public seiring dengan sikap kedua institusi negara itu yang masih abu-abu ...
Berita

Tiga Tahun Berturut-Turut, Telkom Indonesia Kembali Raih Penghargaan Linkedin Top Companies 2024

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Konsisten mewujudkan transformasi sumber daya manusia, Telkom Indonesia kembali meraih penghargaan sebagai tempat kerja terbaik untuk mengembangkan karier versi LinkedIn ...