Berita
Oleh Sahlan Ake pada hari Sabtu, 19 Jan 2019 - 15:07:09 WIB
Bagikan Berita ini :

Maruf Amin Jadi Pengambil Undian Debat, Srategi Erick Tohir?

6maruf-amin.jpeg.jpeg
Kiai Ma'ruf Amin mengambil bola undian debat pilpres 2019 (Istimewa) (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Pengamat Politik dari Universitas Paramadina Hendri Satrio menduga ada skenario dari kubu Jokowi-Maruf Amin yang hanya memberikan slot untuk Maruf hanya mengambil bola undian pertanyaan dan menjawab persoalan terorisme.

"Begitu ada moderator maju (memberikan undian) pasti yang ngambil Kiyai Ma'ruf. Saya pikir strateginya Erick Tohir (Ketua Tim Kampanye Nasional) oke juga ya. Khusus untuk ambil bola dan jangan jawab apa-apa (kecuali masalah terorisme)," katanya dalam diskusi bertajuk "Panggung Dramaturgi Debat Capres" di Jalan Wahid Hasyim, Jakarta Pusat, Sabtu (19/1/2019).

Pasalnya, menurut dia, sedari awal, Kiyai Ma'ruf selalu konsisten hanya menjawab mendukung pernyataan Jokowi. Utamanya terkait masalah hukum, HAM, dan korupsi.

Meski hanya diberi kesempatan berbicara soal terorisme, ditekankannya yang disampaikan oleh Ma'ruf sangat terperinci. Sebaliknya, Jokowi malah kelihatan tak membicarakan substansi masalah dalam menanggapi pertanyaan yang disampaikan lawannya, Prabowo Subianto.

"Jokowi berkali-kali mengatakan jangan nuduh-nuduh. Apapun pertanyaan jawabannya jangan nuduh-nuduh," imbuhnya.

Sayangnya, lanjut founder Kedai KOPI ini, hal itu tidak dimanfaatkan oleh Prabowo Subianto. Prabowo malah terkesan santun dalam berdebat.

"Saya harus menggarisbawahi bahwa Pak Jokowi beruntung di debat kemarin karena Pak Prabowo tampilnya di bawah form, terlalu sopan Pak Prabowo," imbuhnya. (ahm)

tag: #pilpres-2019  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement