Berita

Bamsoet Minta Pemerintah Perluas Jalur Tol Khusus Motor

Oleh Ahmad Syaikh pada hari Rabu, 30 Jan 2019 - 17:52:30 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

60Suramadu.jpg.jpg

Jalur tol khusus motor di Suramadu (Istimewa) (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo meminta pemerintah memperluas jalur tol khusus motor.

Menurutnya, selain di jalan Tol Bali Mandara dan Tol Suramadu ada beberapa ruas jalan lagi yang masih memungkinkan dibuatnya jalur khusus kendaraan roda dua.

"Harapannya pemerintah memperluas atau menambah lagi jalur tol khusus motor tidak hanya di Bali dan Suramadu, " kata Bambang di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (30/1/2019).

Bamsoet menyatakan usulan tersebut disuarakannya agar roda dua bisa mendapatkan kesempatan yang sama dengan pemilik roda empat serta bentuk keberpihakan kepada pemilik roda dua.

Oleh karena itu, menurutnya, penyediaan jalur khusus motor yang terpisah dengan mobil di jalan tol dengan pertimbangan keselamatan merupakan salah satu contoh yang baik atas adanya keberpihakan negara.

"Populasi warga Indonesia yang baru mampu memiliki kendaraan roda dua mencapai puluhan juta. Jadi harus ada keberpihakan dari pemerintah buat mereka," tegasnya.

Bahkan, Bambang menyatakan, dengan adanya jalur tol khusus motor mampu menurunkan tingkat kecelakaan.

“Karena jalur motor dibuat dengan lebar 2,5 meter maka untuk kebut-kebutan akan kecil sehingga mereka akan jalan dengan teratur dan tertib,” ujarnya lagi.

Apalagi dalam Peraturan Pemerintah No. 44 Tahun 2009 tentang Jalan Tol diberikan penjelasan umum mengenai aturan motor lewat jalan tol, kendaraan bermotor roda dua merupakan moda transportasi dengan populasi yang cukup besar sehingga perlu diberi kemudahan dalam menggunakan infrastruktur berupa jalan termasuk jalan tol.

Meski begitu, Bamsoet mengharapkan, pemberian kemudahan tetap memperhitungkan faktor keselamatan dan keamanan pengguna jalan. (ahm)

tag: #proyek-infrastruktur  #bamsoet  

Bagikan Berita ini :