Jakarta

Usai Dibamuskan, Ferrial Sofyan Segera Lengser dari Pimpinan DPRD DKI

Oleh Alfian Risfil pada hari Rabu, 13 Feb 2019 - 18:08:47 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

tscom_news_photo_1550056127.jpg

Ferrial Sofyan dicopot dari posisi Wakil Ketua DPRD DKI oleh DPP Demokrat. (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ferrial Sofyan resmi dicopot dari posisi Wakil Ketua DPRD DKI. Dia akan digantikan oleh juniornya, yang saat ini menjabat Ketua DPD Demokrat DKI Jakarta, Santoso.

Proses pergantian Ferrial Sofyan ke Santoso dipastikan akan segera diparipurnakan, setelah hari ini, Rabu (13/2/2019), DPRD DKI menggelar Rapat Badan Musyawarah (Bamus).

"Bamus tadi dihadiri 12 Anggota dari semua unsur Fraksi di DPRD DKI, dipimpin langsung Pak Ketua (Prasetio Edi Marsudi)," kata seorang Anggota DPRD DKI ditemui TeropongSenayan, di gedung DPRD DKI, Kebon Sirih, Jakarta, Rabu (13/2/2019) sore.

Dengan demikian, dia memastikan, bahwa pergantian Ferrial tersebut kini hanya tinggal menunggu waktu untuk menentukan jadwal rapat paripurna. 

Namun, dia mengaku belum mengetahui kapan rapat paripurna itu akan diselenggarakan.

"Belum tahu, tapi pasti secepatnya (diparipurnakan). Bulan (Februari) ini. Sesuai permintaan surat dari Demokrat yang ditandatangani Ketum SBY dan Sekjen Hinca Pandjaitan," ujar wakil rakyat Jakarta yang minta namanya dirahasiakan itu.

Diketahui, sebelumnya Partai Demokrat sudah menyerahkan surat pergantian Ferrial Sofyan dari Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta. Namun, tidak diketahui secara pasti penyebab dicopotnya bekas Ketua DPRD DKI periode 2009-2014 itu.

"Surat keputusan sudah sampai ke Pak Ketua DPRD dari teman-teman Demokrat sudah ngomong ke Ketua. Ya, kita tunggu proses selanjutnya," kata Sekretaris Dewan DPRD DKI Jakarta Muhammad Yuliadi saat dihubungi, Rabu (6/2/2019) kemarin.

Seusai rapat paripurna, keputusannya akan diserahkan kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Nantinya, Anies akan menyerahkan surat tersebut kepada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

"Surat dari Gubernur ke Kemendagri harus siap dalam 14 hari," terang Yuliadi.

Ketua Umum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) diketahui mencopot Ferrial Sofyan dari jabatan Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta.

Ferrial dicopot berdasarkan dengan Surat Keputusan Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat bernomor 06/SK/DPP.PD/I/2019, yang telah ditanda tangani oleh Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Hinca Pandjaitan pada 23 Januari 2019 bulan lalu.

Posisinya akan diisi oleh Ketua DPD Partai Demokrat DKI Jakarta Santoso.

Degan demikiam, Ferrial Sofyan akan menjadi angot dewan biasa. Dia pun harus segera mengembalikan aset dan fasilitas pimpinan dewan yang selama ini dipinjamkannya. (Alf)

tag: #dprd-dki  #dki-jakarta  

Bagikan Berita ini :