Berita
Oleh Bara Ilyasa pada hari Sabtu, 16 Feb 2019 - 22:24:14 WIB
Bagikan Berita ini :

Ketua DPR Apresiasi Perjuangan Anang Hermansyah Terkait RUU Permusikan

tscom_news_photo_1550330654.jpg
Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) saat menerima kunjungan Anggota Fraksi PAN DPR RI, Anang Hermansyah dan komite konferensi musik Indonesia. (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua DPR RI Bambang Soesatyo menyampaikanapresiasi yang luar biasa kepada musisi Anang Hermansyah, anggota Komisi X yang juga anggota Baleg dari Fraksi PAN,yang telah bekerja dan berjuang keras sehingga berhasil meyakinkan fraksi lainnya untuk mendorong RUU Permusikan masuk dalam long list Prolegnas 2019.

"Suatu usaha yang tidak mudah. Semoga ketulusannya kelak membuahkan hasil bagi ekosistem musik Indonesia yang bisa mewadahi kesejahteraan dan kepentingan seluruh musisi serta praktisi musik di Tanah Air," kata pria yang karibdisapa Bamsoet itu melalui keterangan pers, Sabtu (16/2/2019).

Bamsoet juga menanggapi hasil dari Konferensi Meja Potlotyang meminta RUU Permusikan ditarik dari Program Legislasi Nasional (Prolegnas).

Menurutnya, sebagai pimpinan DPR, ia menyerahkan sepenuhnya kepada mekanisme yang ada.

"Pertama, bahwa RUU tersebut merupakan usulan kelompok masyarakat yang disebut Kami Musik Indonesia (KMI) dalam audensi dengan Badan Legislasi pada tgl 7 Juni 2017. Jadi aspirasi tersebut sebenarnya dari musisi sendiri yang sifatnya bottom up," kata Bamsoet.

Untuk itu, dalam menyikapi aspirasi tersebut Baleg mengapresiasi dan meresponsnya dengan memasukan RUU tersebut ke dalam long list prolegnas 2015 - 2019.

"Baleg sebelumnya telah meminta agar disempurnakan dulu sehingga bisa memenuhi standar pengajuan RUU untuk masuk dalam prioritas RUU tahunan," ujarnya.

Selanjutnya, pada awal tahun 2018 Badan Keahlian ditugaskan menyempurnakan Naskah Akademik dan RUU tersebut. Lalu, Badan Keahlian menyusun Draft Naskah Akademik dan RUU tersebut sesuai dengan mekanisme penyusunan Naskah Akademik dan RUU yang tertera dalam UU No 12 Tahun 2011 ttg Pembentukan Peraturan Perundang-undangan.

"Badan Keahlian khususnya Pusat Perancangan UU memasukan semua rencana kegiatan Penyusunan Naskah Akademik dan RUU dalam aplikasi website DPR SIMAS PUU suatu aplikasi partisipasi masyarakat dalam penyusunan Naskah Akademik dan RUU secara on line. Artinya sejak rencana penyusunan RUU di Badan Keahlian sudah dimasukan dalam website yang menjadib bagian dari bentuk keterbukaan DPR RI tujuannya agar sejak awal masyarakat sudah dapat mengetahui kegiatan penyusunan RUU dan dapat berpartisipasi secara on line melalui Hand Phone juga bisa," jelasnya.

Politikus Partai Golkar itu melanjutkan berbekal dari proses penyempurnaan Naskah Akademik dan RUU yang sedang disiapkan di Badan Keahlian kemudian RUU tersebut masuk dalam Prioritas Tahun 2019 nomor 48.

"Itu artinya memang proses di Badan Keahlian belum selesai. Naskah yang sekarang beresar dan dikritisi oleh musisi saat ini adalah naskah awal pada bulan Agustus yng belum dilakukan uji konsep pada bulan oktober yangvdilakukan oleh Badan Keahlian. Naskah bulan Agustus itu memang dikirim kepada nara sumber dan dimuat di website untuk dimintai masukan melalui kegiatan FGD. Mekanisme ini berlaku utk semua RUU. Dengan demikian naskah itu memang sesungguhnya belum selesai dan sama sekali belum dibahas oleh Anggota DPR," ucap Bamsoet.

Saat ini Badan Keahlian telah mengundang koalisi dan musisi yang menolak dan yang mendukung. Setelah mendengar penjelasan, para pihak sebenarnya sudah mulai memahami proses pembuatan UU di DPR yang intinya bahwa ini masih proses yang sangat awal. Masih jauh. Mereka juga bersedia untuk bergabung dan memberikan masukan apabila diundang lagi. Lebih dari itu, Sesungguhnya mereka juga mengapresiasi sistem DPR yang semakin terbuka dan mengajak masyarakat berpartisipasi sejak awal dalam penyusunan Naskah Akademik dan RUU.

"Jika para pihak yang berkepentingan meminta RUU ditarik atau ditunda tidak masalah. Kami akan serahkan mekanismenya nanti pada Baleg bersama pemerintah untuk mengeluarkannya dari long list Prolegnas," tandasnya. (Alf)

tag: #dpr  #bamsoet  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement