Berita

Bohong, Jokowi Sebut 3 Tahun Atasi Kebakaran Hutan

Oleh Fitriani pada hari Minggu, 17 Feb 2019 - 21:56:46 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

tscom_news_photo_1550415406.jpg

Ilustrasi (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN.com) --Pada sekmen ketiga, kedua Capres diminta untuk memaparkan ikhwal pencemaran lingkungan hidup. Pada sekmen tersebut, Capres nomer urut 01 mengklaim bahwa dalam tiga tahun terakhir mampu mengatasi kebakaran hutan.

"Dalam tiga tahun kita bisa atasi kebakaran hutan, salah satunya penegakan hukum yang tegas terhadap siapapun. Sekarang hampir tidak ada lagi kasus kebakaran hutan," paparnya.

Bahkan, Jokowi juga menyebut, terdapat 11 perusahaan yang sudah diberikan sanksi sebesar 18,1 triliun. Hal itu, lantatan penegakan hukum di era kepemimpinannya dinilai sangat tegas terhadap pelanggar lingkungan. "Penegakan hukum kita tegas terhadap pelanggar lingkungan," katanya.

Akan tetapi, klaim Jokowi tersebut bertolak belakang dengan fakta di lapangan. Dimana masih banyak ditemukan kasus kebakaran hutan di sejumlah daerah.

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau, bahwa sebanyak 21,67 juta ton air dikerahkan oleh helikopter pengebom air guna mengatasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah itu sepanjang Januari-Juli 2017. (Alf)

tag: #jokowi  #pilpres-2019  

Bagikan Berita ini :

Kemendagri RI
advertisement