Berita

Daripada Jatuh ke Tangan Asing, JK: Saya yang Kasih Tanah HGU ke Prabowo

Oleh Ferdiansyah pada hari Selasa, 19 Feb 2019 - 16:48:17 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

tscom_news_photo_1550569697.jpg

Prabowo dan JK (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menilai, kepemilikan ribuan hektar lahan di Kalimantan oleh Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto telah sesuai aturan.

Bahkan, izin penggunaan lahan atas dasar Hak Guna Usaha (HGU) itu pun diteken JK sendiri saat masih menjabat sebagai wakil presiden pada tahun 2004-2009 silam. 

"Pak Prabowo memang menguasai, tapi sesuai UU, sesuai aturan, apa yang salah? Kebetulan waktu itu saya yang kasih," kata JK di kantor wakil presiden, Jakarta, Selasa (19/2/2019).

JK mengatakan, lahan itu awalnya berada di bawah pengawasan Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN) lantaran mengalami kredit macet di Bank Mandiri. Prabowo kemudian mendatangi JK untuk membeli lahan tersebut. 

JK pun mengizinkan pembelian lahan itu namun dengan syarat pembayaran dilakukan secara tunai senilai US$ 150 juta. 

"Datang Pak Prabowo mau beli. Saya tanya 'you beli tapi cash, tidak boleh utang'. Dijawab 'siap'. Dia akan beli dengan cash, dibelilah itu. Jadi itu hak (guna)," katanya. 

Setelah Prabowo meminta lahan tersebut, JK pun langsung menghubungi Agus Martowardojo yang saat itu masih menjabat sebagai Direktur Utama Bank Mandiri. 

"Saya bilang 'ini ada jenderal yang jadi pengusaha', saya kasih tahu Agus, 'kasih ini (lahan) tapi cash, tidak boleh utang lagi'," ucap JK saat itu. 

Sebelum Prabowo meminta kepemilikan lahan tersebut, JK pun telah menyampaikan pada Agus agar memberikan lahan itu kepada orang Indonesia. Sebab, saat itu ada warga negara Singapura dan Malaysia yang juga tertarik untuk membeli lahan tersebut. 

"Saya minta ke Agus untuk diberikan ke pribumi, supaya jangan jatuh ke luar negeri (asing). Ada orang Singapura dan Malaysia waktu itu mau beli. Daripada orang lain yang ambil kan, yang penting sesuai aturan dan dibayar cash di Mandiri. Saya tidak izinkan kalau tidak cash," terang JK. 

Pembahasan soal kepemilikan lahan ini muncul dalam debat capres yang digelar Minggu (17/2/2019) malam. Capres petahana Jokowi menyebut Prabowo memiliki 120 ribu hektar lahan di Aceh Tengah dan 220 ribu hektar lahan di Kalimantan Timur. 

Prabowo pun mengakui bahwa ia memang memiliki ratusan ribu lahan di wilayah tersebut namun dalam bentuk HGU.

Dia bahkan menyebut kalau lahan itu sewaktu-waktu bisa diambil oleh negara dari dia yang saat ini memiliki izin untuk mengelola. 

"Jadi, itu (lahan) adalah milik negara jadi setiap saat negara bisa ambil, kembalikan itu semua," kata kata Prabowo saat debat capres putaran kedua di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2) malam kemarin. 

Meski begitu kata Prabowo dirinya lebih berhak untuk mengelola lahan tersebut daripada diserahkan untuk dikelola oleh asing. 

"Tapi kalau jatuh ke asing lebih baik saya yang kelola. Karena saya nasionalis dan patriotik," ucap Prabowo. (Alf)

tag: #jusuf-kalla  #prabowo-subianto  

Bagikan Berita ini :

Kemendagri RI
advertisement