Jakarta

Resmi Dicopot, Santoso Gantikan Ferrial Sofyan Jadi Wakil Ketua DPRD DKI

Oleh Alfian Risfil pada hari Rabu, 20 Feb 2019 - 16:33:50 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

tscom_news_photo_1550655230.jpg

Wakil Ketua DPRD DKI, Santoso (tengah) diapit Gubernur DKI Anies dan Ketua DPRD DKI Prasetio Edi Marsudi, usai Rapat Paripurna, di gedung DPRD DKI, Kebon Sirih, Jakarta, Kamis (20/2/2019). (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) –DPRD DKI Jakarta menggelar Rapat Paripurna pergantian Wakil Ketua DPRD DKI, Ferrial Sofyan, di gedung DPRD DKI, Kebon Sirih, Jakarta, Kamis (20/2/2019). Ferrial Sofyan resmi dicopot dari jabatannya sebagai wakil ketua DPRD DKI Jakarta per hari ini.

Rapat paripurna tersebut dipimpin langsung oleh Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetio Edi Marsudi dan didampingi dua Wakil Ketua DPRD, yakni Triwisaksana dari Fraksi PKS dan Mohamad Taufik dari Fraksi Gerindra. 

Prasetio menyampaikan bahwa Ferrial digantikan oleh juniornya di Partai Demokrat, Santoso.

Ia mengamanatkan agar Santoso yang jug Ketua DPD Demokrat DKI Jakarta dapat menyelesaikan masa kepemimpinannya dengan baik.

Dalam rapat paripurna tersebut, tidak terlihat kehadiran Ferrial Sofyan, yang tak adalah mantan Ketua DPRD DKI periode 2009-2014.

Prasetio mengatakan, dalam rapat paripurna ini, pimpinan DPRD DKI secara resmi menyampaikan usulan pemberhentian Ferrial Sofyan sebagai wakil ketua DPRD DKI.

“Dan mengumumkan penetapan Santoso sebagai calon pengganti pimpinan DPRD sebagai Wakil Ketua DPRD DKI di sisa masa jabatan tahun 2014-2019,” kata Prasetio dalam rapat paripurna di gedung DPRD DKI, Jakarta, Kamis (20/2/2019).

Seusai menyatakan hal itu, Prasetio mengetuk palu sebanyak tiga kali sebagai tanda penetapan Santoso menjadi Wakil Ketua DPRD DKI baru yang sah.

Setelah ini, Prasetio akan mengajukan surat ke Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri) terkait penetapan Santoso sebagai wakil ketua DPRD DKI. 

Dengan demikian, Kemendagri dapat menerbitkan surat keputusan tentang pengangkatan Santoso.

Dalam lokasi yang sama, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan yang turut menghadiri rapat paripurna tersebut mengharapkan, dengan adanya pergantian Wakil Ketua DPRD ini seluruh tugas dan fungsi dewan sebagai wakil rakyat dapat berjalan lebih optimal dan lebih baik lagi. 

Dia juga mengaku menghargai proses pergantian pimpinan dewan tersebut.

“Mengenai pergantian ini merupakan internal DPRD DKI. Jadi, kita menghargai proses tersebut. Yang penting prosedurnya dijalankan dengan baik dan tertib,” kata Anies.

Seusai rapat paripurna, Santoso menyatakan siap menjalankan tugasnya sebagai salah satu pimpinan dewan di Kebon Sirih. 

Ia juga mengakh siap bekerja sama dengan Ketua DPRD DKI dan ketiga wakil ketua dewan lainnya. 

“Saya siap menjalankan tugas sebagai Wakil Ketua DPRD DKI hingga akhir masa periode nanti,” kata Santoso.

Seperti diketahui, pergantian Ferrial telah tertuang dalam SK DPP Demokrat Nomor 06/SK/DPP.PD/I/2019 tentang Pergantian Unsur Pimpinan (Wakil Ketua) DPRD DKI Jakarta Fraksi Partai Demokrat. 

Surat itu ditandatangani langsung Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Sekjen Demokrat, Hinca Panjaitan pada 23 Januari 2019. (Alf)

tag: #partai-demokrat  #dprd-dki  #dki-jakarta  

Bagikan Berita ini :