Berita

Mendagri Tuntut Peran Aktif Sekda dalam Pemerintahan

Oleh Jihan Nadia pada hari Kamis, 21 Feb 2019 - 10:59:16 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

tscom_news_photo_1550721556.jpg

Mendagri, Tjahjo Kumolo (Sumber foto : Istimewa)

BALIKPAPAN(TEROPONGSENAYAN ) -- Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo menekankan agar para Sekretaris Daerah (Sekda) memainkan peran yang sentral dalam sistem pemerintahan nasional dan daerah. 

Menurutnya, Sekda memiliki tugas untuk membantu kepala daerah dalam proses konsolidasi, diantaranya seorang Sekda harus mampu secara cepat menjabarkan janji-janji kampanye kepala daerah terpilih melalui berbagai program, baik itu program jangka pendek, menengah, maupun jangka panjang.

"Sekda memiliki tugas untuk membantu kepala daerah, dalam proses konsolidasi Pilkada serentak ini begitu terpilih seorang kepala daerah hasil Pilkada tentunya seorang Sekretaris Daerah harus cepat menjabarkan janji-janji kampanye dalam program jangka pendek jangka menegah dan jangka panjang," kata Tjahjo dalam Rapat Koordinasi Nasional Forum Sekretaris Daerah Seluruh Indonesia (Rakornas Forsesdasi) Balikpapan, Kalimantan Timur, Rabu (20/02/2019). 

Selain itu, lanjut Tjahjo, Sekda juga harus mencermati gelagat perkembangan dan dinamika yang ada di daerah termasuk area-area rawan yang ada di daerah, area rawan bencana bagaimana kondisi-kondisi teritorial yang ada di daerah harus dirumuskan sehingga program-program yang terencana terpadu itu bisa dilaksanakan secara komprehensif. 

Tjahjo juga mengungkapkan, Sekda juga mempunyai fungsi untuk mengoordinasikan tugas perangkat daerah, melakukan pemantauan, dan evaluasi pelaksanaan kebijakan daerah, pelayanan administratif dan pembinaan Aparatur Sipil Negara (ASN) pada instansi daerah serta pelaksanaan fungsi-fungsi lainnya dengan  baik. Hal ini dilakukan untuk membangun tata kelola pemerintahan yang efektif dan efisien. 

Dengan kata lain, tugas Sekda selain mambantu Kepala Daerah dalam menyusun  kebijakan dan mengkoordinasikan administratif terhadap pelaksana perangkat daerah serta pelayanan administratitif termasuk dalam hal kerja sama daerah.

"Sekda juga mempunyai fungsi untuk mengoordinasikan tugas perangkat daerah, melakukan pemantauan, dan evaluasi pelaksanaan kebijakan daerah, pelayanan administratif dan pembinaan ASN pada instansi daerah dan pelaksanaan fungsi-fungsi lainnya dengan baik. Saya kira birokrasi yg kita harapkan  ingin membangun sebuah birokrasi yang semakin efektif dan efisien," ungkap Tjahjo.

Diungkapkan Tjahjo, Sekda memiliki peran yang sangat vital untuk membangun tata kelola pemerintahan yang efektif dan efisien. Tak terkecuali dengan Sekwan (sekretarus dewan) yang memiliki peran kunci sebagai penghubung antara DPRD di daerah dengan pemerintah daerah.

"Membangun tata kelola inilah yang saya kira harus terus kita cermati dengan baik sehingga membangun komunikasi membangun pemerintahan yang efektif efisien, itu saya kira peran Sekda. Sangat-sangat vital dan sangat-sangat kunci termasuk Sekwannya juga sama, merupakan bagian yang tidak terpisahkan, sebagai penghubung antara DPRD di daerah dengan pemerintah daerah mnjadi sebuah satu kesatuan yang tidak terpisahkan diantara kita," papar Tjahjo. (ahm)

tag: #mendagri  

Bagikan Berita ini :