Jakarta
Oleh Fitriani pada hari Senin, 25 Mar 2019 - 00:05:24 WIB
Bagikan Berita ini :

Pemprov DKI Berkomitmen Jaga Kualitas Air dan Wilayah Perairan Bebas Sampah

tscom_news_photo_1553447124.jpg
Pemprov DKI melalui Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta menggelar berbagai kegiatan dalam acara puncak peringatan Hari Air Sedunia 2019. (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta menggelar berbagai kegiatan dalam acara puncak peringatan Hari Air Sedunia 2019 tingkat Provinsi DKI Jakarta,Sabtu (23/03/2019) kemarin.

Kegiatan yang mengangkat tema “Air Untuk Semua” ini, diawali dengan menyusuri Sungai Ciliwung dari titik nol DKI Jakarta, yaitu di perbatasan RW 01, Srengseng Sawah, Jakarta Selatan, dengan Depok, Jawa Barat, hingga ke Dermaga Asrama RW 09, Lenteng Agung, Jakarta Selatan.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta, Djafar Muchlisin menegaskan komitmenPemprov DKI Jakarta untuk senantiasa menjaga kualitas air dari sumbernya. Pemprov DKI Jakarta juga berupaya mewujudkan Jakarta sebagai kota yang bebas dari sampah, terutama di wilayah perairan, seperti laut, sungai, danau, rawa, teluk dan perairan lainnya. Bukan hanya saat memperingati Hari Air Sedunia, melainkan juga dalam keseharian.

“Kita harus bisa menjaga kualitas air, dengan tidak mencemari air dari berbagai jenis limbah. Kita rawat air dengan berbagai cara, seperti pembuatan drainase vertikal, berupa sumur resapan dan lubang resapan biopori, yang bermanfaat sebagai tabungan air saat musim kemarau, penanaman pohon, serta aksi bersih-bersih,” katanya.

Dikatakan Djafar, hal ini sejalan dengan arahan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan, yang mengajak masyarakat terlibat langsung untuk mengelola sampah, serta membuat drainase vertikal sebagai bentuk gerakan masyarakat. Ke depan, pengelolaan sampah tidak lagi di hilir, tetapi mulai dari hulu (sumbernya) dengan cara mengurangi hingga mendaur ulang sampah yang dihasilkannnya.

“Pengurangan sampah dari sumbernya bisa menyelamatkan lingkungan menjadi bersih, indah, dan sehat. Melalui gerakan aksi bersih-bersih sampah dan membuat drainase vertikal ini, Pemprov DKI Jakarta mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk membuat lingkungan di sekitarnya bersih dari sampah, serta dapat menabung air,” katanya.

Pemprov DKI Jakarta juga sangat mendukung komunitas-komunitas yang bergerak dalam bidang pengelolaan sampah, terutama dalam mengkampanyekan kegiatan pengurangan sampah, serta kampanye membuat drainase vertikal. “Kita berkolaborasi dengan berbagai komunitas dalam menyukseskan ini,” pungkasnya. (Alf)

tag: #pemprov-dki  #dki-jakarta  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Jakarta Lainnya
Jakarta

Mahasiswa Kecewa dengan Sikap KPK: Ancam Akan Lapor ke Jokowi

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 10 Agu 2022
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Menggugat kembali melakukan aksi di depan Kantor Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas). Massa aksi ...
Jakarta

Muncul Nama Heru Budi Hartono Pengganti Anies Baswedan, Siapa Dia?

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan habis masa jabatan pada 16 Oktober 2022. Mengingat Pilkada baru digelar 2024, posisi Anies akan diisi oleh penjabat ...