Berita
Oleh Fitriani pada hari Jumat, 19 Apr 2019 - 06:12:48 WIB
Bagikan Berita ini :

Suara Jokowi-Ma'ruf Keok di Banten

tscom_news_photo_1555629168.jpeg
(Sumber foto : Ist)

TANGSEL (TEROPONGSENAYAN) -- Lembaga Survei Konsep Indonesia (Konsepindo) menyebut pasangan Capres-Cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno unggul di Provinsi Banten dengan perolehan suara hingga mencapai 60%.

Direktur Konsepindo Veri Muhlis Arifuzzaman, mengatakan, bahwa perolehan suara ini mengulang kesuksesan pada Pemilu 2014 silam.

“Data masuk 47% untuk Banten, hasilnya Jokowi 39,95% dan Prabowo 60,05%. Datanya sama dengan Pilpres 2014 lalu,” ujar Arifuzzaman, di Tangerang Selatan (Tangsel), pada Kamis kemarin (18 April 2019).

Dikatakan Arifuzzaman, yang juga sebagai peneliti asal Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Ciputat, Tangsel ini, tingginya suara Prabowo-Sandi di Banten lantaran kuatnya politik identitas dan agama yang dimainkan kubu 02 selama Pemilu 2019.

“Dulu di Banten kalah, sekarang berdasarkan quick count kita (Jokowi) juga kalah. Banten sampai saat ini kalah, bedanya sampai 20%. Kenapa itu terjadi? Karena ini pertarungan yang calonnya sama,” katanya.

Angka sementara ini diprediksi akan bertahan sampai penghitungan cepat selesai dilakukan, dengan perkiraan angka sekitar 60% untuk Prabowo dan 40% untuk Jokowi. Ini seperti mengulang Pilpres 2014.

Menurutnya, kehadiran KH Ma’ruf Amin sebagai wakil Jokowi di Pilpres 2019 tidak banyak mendongkrak elaktabilitas suara paslon 01 hingga masa pemungutan suara.

“KH Maruf Amin dianggap orang di Banten tapi enggak ngaruh di Banten, karena banyak tinggalnya di Jakarta. Berbagai upaya dilakukan untuk membangun opini, tetapi tidak memikat warga,” ungkapnya.

Selain itu menurutnya, pencapaian kerja Jokowi selama ini juga dianggap tidak berpengaruh besar terhadap suaranya di Pilpres 2019. Tetapi sebaliknya, Prabowo bisa mendongkrak suara. “Pendukung Prabowo cukup stabil. Bahkan bertahan dengan angka cukup tinggi sampai 2019. Dia kan belum melakukan apa-apa. Salah satu letak keberuntungan Prabowo, dia diwakili Sandiaga,” pungkasnya.

tag: #jokowi  #maruf-amin  #pilpres-2019  #pemilu  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Bacakan Eksepsi, Penasehat Hukum Robby Messa Sebut Dakwaan JPU Kabur Minta Kliennya Dibebaskan

Oleh Sahlan Ake
pada hari Selasa, 23 Apr 2024
MEDAN (TEROPONGSENAYAN) --Tim penasehat hukum terdakwa Robby Messa Nura, satu dari dua terdakwa kasus dugaan korupsi pengadaan Alat Pelindung Diri (APD) Covid-19 tahun 2020 yang merugikan keuangan ...
Berita

Ketum SOKSI Apresiasi Putusan MK dan Ucapkan Selamat Kepada Presiden-Wapres Terpilih Prabowo-Gibran

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional SOKSI. Ir. Ali Wongso Sinaga mengapresiasi tinggi amar putusan MK yang menolak permohonan gugatan Paslon 01 Anies -Amin dan Paslon 03 ...