Berita
Oleh Alfian Risfil pada hari Jumat, 19 Apr 2019 - 14:01:05 WIB
Bagikan Berita ini :

Pemuda Pancasila: Jaga Hasil Pemilu Konstitusional Sebagai Wujud Kecintaan Kepada NKRI

tscom_news_photo_1555657265.jpg
Ketua Umum MPN PP, KPH. H. Japto S. Soerjosoemarno (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) –Pemilu serentak 2019 berjalan aman dan lancar. Majelis Pimpinan Nasional Pemuda Pancasila (MPN PP) meminta kepada semua pendukung pasangan Capres-Cawapres, tetap menjaga persatuan dan menunggu hasil real countKomisi Pemilihan Umum (KPU) yang sedang dilakukan perhitungan secara berjenjang.

Ketua Umum MPN PP, KPH. H. Japto S. Soerjosoemarno menyatakan, sebagai bangsa besar patut bersyukur karena pelaksanaan pesta demokrasi berjalan aman dan lancar.

Menurut dia, adanya dinamika yang berkembang dalam pemberitaan media massa serta media social merupakan sarana informasi awal.

’’Quick qount Pemilu 2019 baik itu Pileg maupun Pilpres merupakan sebagai informasi Awal,’’ kata Japto dalam siaran persnya, Jumat (19/4/2019).

Dia menjelaskan, lembaga yang mengelurkan hasil hitung cepat sudah terdaftar resmi di KPU. Namun, validasi hasil quick qount bukan hasil final atau defenitif, karena dalam Undang-Undang (UU) Pemilu Nomor 7 Tahun 2017, adalah hasil hitung manualyang dilakukan oleh KPU. ’’Finalnya, real count oleh KPU sebagai penyelenggara resmi pemilu,’’ tegas Japto.

Karena itu, menurut dia, dinamika kebangsaan yang terjadi khususnya pada pasangan 01 Jokowi-Ma’ruf telah menyampaikan kepada publik. Sehingga menunggu hasil hitung manual resmi KPU merupakan bentuk sikap kenegarawanan yang harus diapresiasi.

Begitu juga dengan capres Prabowo Subianto yang menyatakan menjaga untuk Tempat Pemungutan Suara (TPS) serta kawal hasil sampai ke KPU.

’’Ini adalahbentuk penghargaan pada proses Pemilu. Di mana Prabowo menyatakan pada pendukungnya menjaga sikap dan perilaku agar tidak terprovokasi melakukan tindakan di luar koridor hukum. Ini patut diapresiasi,’’ terangnya.

Dia mengaku, saat ini dalam proses pernghitungan yang sedang berjalan secara berjenjang. Dari waktu ke waktu, menit per menit, dan sampai beredarnya dinamika politik begitu tinggi. Beredarnya video provokatif yang dilakukan oknum secara sengaja ingin memaskan suasana yang sudah berjalan kondusif, aparat keamanan jangan ragu menindak.

’’Kami, minta aparat keamanan TNI/Polri jangan ragu melakukan peneggakan hukum sesuai UU yang berlaku,’’ tegas Japto.

Selanjutnya, Japto menegaskan, proses Pemilu 2019 adacatatan temuan MPN PP. Yakni, dimana urusan teknis baik itu logistic maupun penundaan proses pemilihan dapat diselesaikan dengan mekanisme yang benar dan dalam tempo sesingkat-singkatnya.

’’KPU sebagai penyelenggara pemilu memiliki integritas menjaga suara rakyat. Untuk itu, kami minta KPU benar-benar menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik,’’ pintanya.

’’Sebagai bagian NKRI, PP mengajak seluruh elemen bangsa bersama-sama bersatu, menjaga hasil Pemilu 2019 ini sebagai proses konstitusional yang telah sama-sama disepakati’’ tambah dia.

Bahwa persatuan, kata Japto, adalah sebuah kultur bangsa yang tidak boleh dikoyak dan dirusak oleh kepentingan sesaat.

Karena itu, MPN PP menegaskan, bawah PP komitmen menjaga hasil pemilu yang konstitusional sebagai wujud kecintaannya kepada NKRI yang beridiologikan Pancasila.

’’Kami, menyerukan kepada seluruh kader PP di tanah air. Ambil bagian dari solusi. Bukan, malah menjadi masalah. Kami serukan kepada semua kader PP untuk mengawal hasil Pemilu 2019 dan ikut menjaga persatuan dan kesatuan sesama anak Bangsa,’’ pesan Japto. (Alf)

tag: #pilpres-2019  #pemuda-pancasila  #kpu  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement