Berita
Oleh Mandra Pradipta pada hari Rabu, 24 Apr 2019 - 11:44:33 WIB
Bagikan Berita ini :
Cegah Korban Jiwa

PKS Usulkan Pemilu Gunakan E-Voting

tscom_news_photo_1556081073.jpg
Sohibil Iman (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Banyaknya petugas penyelenggara pemilu yang meninggal dunia pada Pemilu Serentak 2019 menjadi sorotan.

Presiden PKS Sohibul Iman mengusulkan agar ke depan dipikirkan terkait opsi penggunaan teknologi informasi dalam menyelenggarakan pemilu.

"E-voting seperti yang sudah berjalan di India bisa jadi opsi yang bisa kita kaji bersama," kata Sohibul di Jakarta, Rabu (24/4/2019).

"Tentunya kebijakan ini butuh investasi besar baik dari sisi infrastruktur maupun SDM-nya," jelasnya.

Diketahui, proses voting secara elektronik sendiri bukanlah sesuatu yang asing. Lembaga Internasional Pemilu dan Demokrasi (IDEA), yang berkantor pusat di Stockholm, Swedia, menyebut sudah ada sekitar 32 negara yang menerapkan electronic voting dalam kegiatan pemilunya.

Negara-negara tersebut antara lain Swiss, Kanada, Australia, AS (hanya di beberapa negara bagian), Jepang, Korea Selatan, hingga India.

India merupakan contoh yang tepat bila berbicara tentang electronic voting. Sistem coblosan secara elektronik ini sudah diterapkan sejak beberapa dekade silam, tepatnya saat pemilihan Majelis Konstituante di Kerala pada 1982. (ahm)

tag: #pks  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement