Oleh Bachtiar pada hari Senin, 23 Nov 2020 - 08:47:49 WIB
Bagikan Berita ini :

Agar Ekonomi Bergerak Cepat, Anggota DPR ini Minta Bank-bank BUMN Segera Turunkan Suku Bunga

tscom_news_photo_1606096069.jpg
I Nyoman Parta Anggota komisi VI DPR RI (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota Komisi VI DPR RI I Nyoman Parta meminta agar bank-bank milik pemerintah secepatnya melakukan adjustmen (penyesuaian) terhadap kebijakan yang diluncurkan Bank Indonesia (BI) terkait penurunan Suku Bunga Acuan. Seperti diketahui, BI menurunkan Suku Bunga Acuan hingga ke angka 3,75%.

"Agar ekonomi bisa bergerak lebih cepat, bank-bank milik pemerintah harus mempelopori dengan membuat kebijakan bunga murah dengan cara menurunkan suku bunga yang ada selama ini," kata Legislator dari dapil Bali I itu kepada wartawan, Minggu (22/11/2020).

Parta menyarankan, setidaknya ada beberapa hal yang bisa dijadikan bahan pertimbangan oleh bank plat merah ke depannya agar dapat menurunkan suku bunga.

"Cara pertama; kurangi biaya operasional yang tinggi dari Bank BUMN. Karena selama ini Bank-bank BUMN relatif lebih boros jika dibandingkan dengan Bank Swasta lainnya. Dengan efesiensi biaya operasional maka suku bunga bisa diturunkan," kata Parta.

Kedua, lanjut dia, bank-bank BUMN mesti mengurangi pengendapan dana di bank.

Untuk itu, sambung dia, hal yang paling penting dan harus dimulai yaitu dari menginstruksikan BUMN dan lembaga keuangan milik pemerintah untuk menyalurkan dananya ke kegiatan ekonomi produktif sepeti UMKM dan super ultra mikro.

"Jangan melakukan usaha duit cari duit, itu tidak membuat ekonomi bergerak," sindir Politikus PDIP itu.

Ketiga, kata Parta, kalau biaya operasionalnya sudah efisien maka NIM bisa ditekan dan bunga bisa diturunkan.

Efisiensi tersebut, menurutnya, dapat dilakukan dengan menekan biaya operasional. Selain itu, kata dia, penggunaan teknologi untuk merespon kebutuhan pembukaan jaringan yang luas dapat menurunkan biaya operasional.

"Dan akhirnya menurunkan suku bunga kredit. Ingat BUMN itu adalah agen pembangunan jadi Bank-bank BUMN jangan terlalu banyak cari profit, minimal jalan dengan oprasional saja sehingga suku bunga bisa turun, dan efeknya pasti investasi akan lebih banyak dan masif, dunia industri bisa jalan dan ekonomi bergerak, tenaga kerja bisa tumbuh dan negara dengan sendirinya dapat pajak," tegasnya.

Parta juga menyoroti prilaku sejumlah bank tak terkecuali bank-bank BUMN yang safety (nyaman) menaruh dana pihak ketiga dan dana yang dihimpun dari masyarakat baik itu berupa tabungan, deposito, giro dan lain-lainnya di BI.

Padahal, menurutnya, ketimbang mengendap di BI, alangkah baiknya dana tersebut digunakan secara maksimal untuk kepentingan roda perekonomian bangsa.

Ini jadi problem tersendiri dan mesti ditelaah lebih jauh alasan bank-bank menempatkan dana di BI ketimbang menyalurkannya untuk menopang denyut nadi perekonomian bangsa, ujarnya.

"Sekarang banyak Bank dan Perusahaan menyimpan uangnya di BI karena tidak berani mengambil resiko mengucurkan kredit disaat ekonomi lagi susah dengan memikirkan resiko kredit macet, boleh hati-hati. Tapi jangan juga resiko itu membuat paranoid. Sebab andalan kita untuk bangkit dari Resesi adalah dana dari pemerintah termasuk dari Bank BUMN," tegas Parta.

tag: #suku-bunga  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

Pasca Pemilu, Ketua Fraksi PKS Jazuli: Siap Kolaborasi Bangun Bangsa

Oleh Sahlan Ake
pada hari Senin, 29 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua Fraksi PKS DPR RI Jazuli Juwaini menyatakan pihaknya tidak pernah membatasi diri pasca Pemilu 2024. Menurutnya PKS adalah partai politik yang konsisten mendorong ...
Berita

Ahmad Najib Prediksi Timnas Indonesia Menang 2-1 Lawan Uzbekistan

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota DPR RI Ahmad Najib Qodratullah optimis Timnas Indonesia bakal menaklukan Uzbekistan dalam laga semifinal Piala Asia U-23 yang digelar di Stadion Abdullah bin ...