Oleh Yoga pada hari Sabtu, 16 Jan 2021 - 09:06:06 WIB
Bagikan Berita ini :

Gempa Getarkan Pangandaran Jawa Barat

tscom_news_photo_1610762766.png
Ilustrasi gempa Pangandaran (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Gempa bumi tektonik berkekuatan magnitudo 4,7 terasa di kabupaten Pangandaran, Jumat (15/01/2021) pukul 21.17 WIB. Berdasarkan informasi dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pangandaran, gempa dirasakan ringan oleh sebagian masyarakat.

BMKG menyebutkan, gempa bermagnitudo 4,7 episenter gempa ini terletak pada koordinat 8.49 Lintang Selatan dan 108.66 Bujur Timur atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 88 km tenggara Kabupaten Pangandaran, pada kedalaman 57 kilometer.

Gempa bumi yang terjadi di Pangandaran Jawa Barat ini merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas zona subduksi Lempeng Indo-Australia yang menunjam ke bawah Lempeng Eurasia.

Dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan juga berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa dirasakan di wilayah Tasikmalaya, Pangandaran, dan Cisompet dengan skala Intensitas III MMI (getaran dirasakan seperti ada truk lewat dekat rumah). Kemudian terasa getaran juga di wilayah Bayongbong, Pamarican, Ciamis, Banjar Pataroman, Cipatujah, Cikajang, Cigedug, Garut dengan Skala Intensitas II MMI (getaran dirasakan beberapa orang, benda-benda yg tergantung bergoyang).

Sampai saat ini BMKG belum menunjukan adanya aktivitas gempa bumi susulan dan juga sampai saat ini belum adanya laporan masyarakat sekitar mengenai kerusakan bangunan ataupun yang lainnya terkait gempa bumi yang melanda Pangandaran Jawa Barat.

BMKG melalui akun instagramnya @infobmkg, menghimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Pastikan informasi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi.

tag: #gempa-bumi  
Bagikan Berita ini :
Indonesia Digital Network 2021
advertisement
Advertisement
TStrending
#1
Berita

Moge Ditendang Paspampres

Oleh
pada hari Jumat, 26 Feb 2021
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Asisten Intelijen Paspampres Letkol Inf. Wisnu Herlambang membenarkan, video yang memperlihatkan anggota Paspampres menendang sejumlah pengendara motor gede (moge) saat ...
Indonesia Digital Network 2021
advertisement
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - ZAKAT
advertisement
Dapatkan HARGA KHUSUS setiap pembelian minimal 5 PACK
advertisement
The Joint Lampung
advertisement
Lainnya
Berita

Sindir Soal Kerumunan, Netty: Pejabat Harus Kasih Teladan Bukan Lempar-lempar Barang

Oleh Bachtiar
pada hari Sabtu, 27 Feb 2021
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota Komisi IX DPR RI Netty Prasetiyani Aher mengingatkan agar semua pihak tetap menjalankan protokol kesehatan dan tidak memicu kerumunan. Menurut Netty hal ini penting ...
Berita

Ibas Minta Dirinya Tidak Diadu Domba Dengan AHY

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR, Edhie Baskoro Yudhoyono mengingatkan agar semua pihak yang terlibat dalam Gerakan Pengambilalihan Kepimpinan Partai Demokrat (GPK-PD) ...