Oleh Ariful Hakim pada hari Selasa, 02 Feb 2021 - 22:07:05 WIB
Bagikan Berita ini :

Pemerintah Targetkan Baterai Motor Listrik Sudah Diproduksi Tahun Depan

tscom_news_photo_1612278425.jpg
Pengisian Baterei Listrik (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA(TEROPONGSENAYAN)--Empat BUMN yang tergabung dalam Indonesia Battery Holding (IBH) tengah menyiapkan ekosistem baterai kendaraan listrik, yang terintegrasi dari hulu sampai ke hilir. Ketua Tim Percepatan Proyek Baterai Kendaraan Listrik Agus Tjahajana mengatakan, dalam peta rencana atau roadmap yang telah dibuat, tahun ini diharapkan IBH sudah dapat menyelesaikan perjanjian kerja sama dengan mitra global, dalam rangka pengembangan investasi baterai kendaraan listrik atau electric vehicle (EV) battery.

"Insya Allah berusaha sekuat tenaga kita harapkan pada 2021 bisa menyelesaikan kerja sama," katanya dalam diskusi virtual, Selasa (2/2/2021).

Selain itu, pada 2021 juga IBH melalui PT PLN (Persero) akan fokus mengembangkan penggunaaan energy storage system, yang terdiri dari stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) dan Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU). Kemudian, pada tahun 2022, industri baterai kendaraan listrik nasional ditargetkan sudah dapat beroperasi, dan mulai memproduksi baterai dengan kapasitas kecil, yang diperuntukan motor listrik.

"2022 kita akan mulai mencoba membuat baterai dalam skala kecil, yang untuk kita gunakan untuk sepeda motor," kata pria yang juga menjabat sebagai Komisaris Utama MIND ID itu.

Sementara itu, industri hulu baterai listrik seperti hal nya fasilitas pengolahan atau smelter nikel dengan menggunakan proses hydro metalurgi atau smelter High Pressure Acid Leaching (HPAL), pabrik prekursor, dan pabrik katoda ditargetkan rampung pada 2024.

"Yang besarnya nanti (rampung) tahun 2024," ujarnya.

Secara keseluruhan, roadmap pengembangan ekosistem industri baterai kendaraan listrik tahap pertama ditargetkan selesai pada 2026. "Tahap kedua kita mulai 2027," ucap Agus.

tag: #pln  #listrik  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Indonesia Digital Network 2021
advertisement
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - ZAKAT
advertisement
Banner Ramadhan H. Singgih Januratmoko, S.K.H., M.M.
advertisement
Banner Ramadhan Sartono Hutomo, SE, MM
advertisement
Banner Ramadhan Mohamad Hekal, MBA
advertisement
The Joint Lampung
advertisement
Dapatkan HARGA KHUSUS setiap pembelian minimal 5 PACK
advertisement
Lainnya
Bisnis

Targetkan Pertumbuhan Dua Digit di Kantor Cabang Luar Negeri, BNI Kembangkan Bisnis Internasional

Oleh windarto
pada hari Senin, 12 Apr 2021
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) – PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang memiliki jaringan Kantor Cabang Luar Negeri (KCLN) terbanyak di tanah ...
Bisnis

Ini Besaran Bantuan BNPB untuk Rumah Rusak Akibat Gempa Malang

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo menegaskan akan mempercepat penanganan perbaikan rumah rusak terdampak pasca gempa M6,1 yang ...