Berita
Oleh Rihad pada hari Wednesday, 10 Mar 2021 - 20:59:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Disebut Terima Rp 1 M, Apa Jawaban Anggota BPK Achsanul Qosasi?

tscom_news_photo_1615381425.jpg
Achsanul Qosasi (Sumber foto : ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan menindaklanjuti sejumlah nama yang diduga turut menerima uang korupsi program bantuan sosial (bansos) terdampak Covid-19.

Antara lain adalah anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Achsanul Qosasi, pengacara Hotma Sitompul hingga pedangdut Cita Citata. Nama mereka muncul berdasarkan keterangan saksi Matheus Joko Santoso dan Adi Wahyono yang notabene merupakan anak buah dari mantan Menteri Sosial, Juliari Peter Batubara.

"Terkait keterangan saksi tersebut, tentu tim JPU [Jaksa Penuntut Umum] akan mengkonfirmasi kepada saksi-saksi lain yang akan dihadirkan di persidangan," kata Ali, Selasa (9/3).

Ali mengatakan keterangan para saksi nantinya akan dianalisis dalam surat tuntutan. Ia pun lantas mengajak masyarakat agar terus mengawasi jalannya persidangan.

"Kami mengajak masyarakat dapat terus mengikuti dan mengawasi persidangan yang terbuka untuk umum ini," ujarnya.

Sebelumnya dalam persidangan terungkap beberapa nama yang turut menerima uang hasil korupsi bansos. Mereka ialah anggota BPK Achsanul sebesar Rp1 miliar, pengacara Hotma Sitompul Rp3 miliar, hingga pedangdut Cita Citata Rp150 juta.

Uang untuk Hotma disebutkan sebagai pembayaran jasa pengacara untuk kasus yang sedang dihadapi Kementerian Sosial. Sementara Cita Citata memperoleh uang tersebut saat mengisi acara Kemensos di Labuan Bajo. Namun, di persidangan tidak disebutkan maksud pemberian uang kepada Achsanul.

Achsanul sendiri merupakan anggota III BPK. Ia memiliki tugas dan wewenang melaksanakan pemeriksaan pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara di sejumlah kementerian, salah satunya Kemensos.

Bantahan Achsanul Qosasi

Achsanul menyatakan tuduhan terhadap dirinya tidak benar. "Yang pasti itu tidak benar," kata dia lewat keterangan tertulis, Rabu, 10 Maret 2021.

Achsanul mengatakan saat ini BPK sedang melakukan pemeriksaan terhadap pengadaan Bantuan Sosial Covid-19 di Kementerian Sosial. Dia mengatakan enggan menanggapi tudingan tersebut karena khawatir akan mengganggu pemeriksaan yang dilakukan BPK. Dia mengatakan pemeriksaan akan segera rampung.

"Saya sekarang sedang periksa bansos, belum selesai. Bulan ini pemeriksaan selesai," ujar dia.

Achsanul beralasan enggan berkomentar banyak soal namanya yang disebut dalam sidang karena khawatir akan mengganggu proses audit.

"Biar tidak mengganggu pemeriksaan. Biar saja. Nanti mengganggu etika pemeriksaan," katanya.

tag: #bpk  #bansos  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
56 Tahun Telkom Indonesia
advertisement
Dompet Dhuafa x Teropong Senayan : Qurban
advertisement
TS.com Vacancy: Marketing
advertisement
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - ZAKAT
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Polisi Sebut Informasi Seruan Aksi Jokowi End Game Adalah Hoax

Oleh La Aswan
pada hari Sabtu, 24 Jul 2021
  JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus menegaskan, jajarannya tengah memburu pihak yang sengaja menyebarkan serta mengajak orang untuk melakukan aksi ...
Berita

Surtiah, Ibu yang Peluk Jazad Anaknya, Akhirnya Meninggal Karena Covid-19

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Surtiah (70 tahun), ibu yang peluk jasad anaknya, akhirnya meninggal dunia pada Sabtu (24/07/2021). Ia sempat menjalani isolasi mandiri, setelah diketahui positif COVID-19. ...