Oleh Bachtiar pada hari Rabu, 21 Jul 2021 - 14:56:56 WIB
Bagikan Berita ini :

Soroti Kewenangan Satpol PP DKI Jakarta di Revisi Perda Corona, Darmadi: Bisa Meresahkan Masyarakat

tscom_news_photo_1626854216.jpg
Darmadi Durianto Politikus PDI-P (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Rencana Pemprov DKI Jakarta merevisi Perda Tentang Corona di DKI dianggap berlebihan oleh sejumlah kalangan. Pasalnya, dalam draft revisi Perda tersebut tertuang adanya kewenangan bagi Satpol PP untuk menjadi penyidik pelanggaran Covid-19.

Legislator dari dapil DKI Jakarta III meliputi Jakarta Barat, Utara dan Kelulauan Seribu, Darmadi Durianto mengaku prihatin dengan isi draft Perda tersebut.

Pasalnya, kata dia, penegakan aturan yang selama ini dilakukan Satpol PP terhadap masyarakat cenderung berlebihan.

"Kalau diberi kewenangan berlebih dikhawatirkan bisa membuat Satpol PP menyalahi wewenang. Bisa semakin overacting," tandas Politikus PDIP itu kepada wartawan, Rabu (21/07/2021).

Yang jelas, kata dia lagi, draft aturan tersebut berpotensi melahirkan penegak aturan dalam hal ini Perda yang bisa membuat masyarakat dalam kondisi tertekan.

"Akan timbul oknum Satpol PP yang bertindak sewenang-wenang, bisa menambah keresahan masyarakat. Tanpa wewenang tersebut saja sudah overacting," tegas Bendahara Megawati Institute itu.

Menurutnya, pola pendekatan yang mestinya dilakukan Pemprov DKI Jakarta dalam menegakan disiplin dimasa pandemi ini harusnya menggunakan pola pendekatan persuasif.

"Bukan represif. Berikan edukasi yang memadai kepada masyarakat agar patuh prokes, berikan teladan yang baik dari aparatur lapangannya bukan menghadirkan wajah penegakan yang menindas rakyat kecil. Ini bukan zaman kompeni, ini zamannya para abdi negara melindungi dan menghadirkan kenyamanan pada warganya," tegas Anggota Komisi VI DPR RI itu.

tag: #covid-19  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
56 Tahun Telkom Indonesia
advertisement
Dompet Dhuafa x Teropong Senayan : Qurban
advertisement
TS.com Vacancy: Marketing
advertisement
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - ZAKAT
advertisement
Lainnya
Berita

Ingat Ya, Keluarga dan Tamu Saat Akad Nikah Harus Sudah Vaksin

Oleh Wiranto
pada hari Thursday, 29 Jul 2021
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Dalam SK Kadisparekraf No.495 Tahun 2021 tentang aturan PPKM Level 4 di Sektor Usaha dan Pariwisata, diatur persyaratan untuk menggelar akad nikah. Salah satunya keluarga ...
Berita

HNW Kutuk Keras Pembunuhan Sadis Ketua MUI Labura

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Wakil Ketua MPR RI Dr. H. M Hidayat Nur Wahid, MA mengutuk keras pembunuhan sadis terhadap Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang juga Ketua Forum Kerukunan Umat ...