Oleh Aswan pada hari Selasa, 03 Agu 2021 - 16:02:28 WIB
Bagikan Berita ini :

BPIP Sarankan Persoalan Paskibraka Asal Sulbar Diselesaikan Secara Musyawarah dan Mufakat

tscom_news_photo_1627980223.jpeg
Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Persoalan calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) dari Sulawesi Barat Cristina (16) yang tidak jadi dikirim ke Jakarta karena alasan positif covid-19 diharapkan dapat diselesaikan secara musyawarah dan mufakat.

Demikian disampaikan oleh Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi saat menanggapi polemik terkait adanya persoalan calon paskribaka asal Sulbar tersebut.

"Saya sarankan persoalan tersebut dapat diselesaikan secara musyawarah mufakat dan kekeluargaan," kata Yudian dalam keterangan tertulis, Selasa, (3/8/2021).

Yudian menjelaskan, BPIP sendiri diberikan mandat kewenangan melaksanakan pembinaan Ideologi pancasila kepada generasi muda melalui program paskibraka.

BPIP berkoordinasi dengan Kementerian Pemuda dan Olah Raga dan Kementerian Dalam Negeri serta Instansi terkait lainnya.

"Hal ini mengacu peraturan Presiden Nomor 13 Tahun 2021 tentang Pembinaan Ideologi Pancasila Kepada Generasi Muda Melalui Program Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka), dan Peraturan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Nomor 1 Tahun 2021 tentang Peraturan Pelaksana Peraturan Presiden Nomor 13 Tahun 2021 tentang Pembinaan Ideologi Pancasila Kepada Generasi Muda Melalui Program Pasukan Pengibar Bendera Pusaka," jelas Yudian.

Di sisi lain, kata Yudian, jika mengacu sejarah, pengibaran bendera pusaka merah putih untuk pertama kali dibentuk oleh Presiden Republik Indonesia Pertama Bapak Ir. Sukarno.

"Pada waktu itu, Presiden Sukarno memanggil salah satu ajudan Beliau, yakni Mayor L. Husein Mutahar, untuk mempersiapkan dan memimpin upacara peringatan hari Kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1946 di Gedung Agung Yogyakarta," papar Yudian.

Yudian menegaskan, sejarah itu juga telah dikuatkan oleh putri proklamator yakni Megawati Soekarnoputri yang juga seorang purna paskibraka Indonesia.

“Paskibraka dibentuk oleh Bung Karno, sebagai suatu simbol pasukan pengawal Bendera Pusaka yang dijahit oleh Ibu Fatmawati, sebelum kemerdekaan. Pasukan ini bertugas menaikkan dan menurunkan Bendera Pusaka di hari Kemerdekaan Republik Indonesia," papar Yudian.

Oleh sebab itulah, lanjut Yudian, mengapa pasukan ini berformasi 17-8-1945 dan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka mencerminkan seluruh warga bangsa Indonesia, dari Sabang sampai Merauke

"Seperti halnya semboyan kita Bhineka Tunggal Ika, berbeda beda tetapi tetap satu. Maka itu pulalah sebabnya dirancang sebuah seragam atau uniform yang melambangkan sebuah kesatuan dan persatuan Indonesia, tanpa membedakan suku, adat dan agama," tambah Yudian

Yudian melanjutkan, sesuai dengan arti frasa kata “uniform” yakni Uni yang artinya Satu, dan form yang artinya bentuk, atau “bentuk yang menyatukan”. Oleh karena itu, kata dia, seharusnya memang tidak ada perbedaan bentuk dan asesoris seragam antara Paskibraka satu dengan Paskibraka yang lainnya.

"Hal tersebut sejalan dengan Peraturan Menteri Pemuda dan Olah Raga Nomor 65 Tahun 2015 tentang penyelenggaraan Kegiatan Paskibraka, yang melaksanakan Peraturan Presiden Nomor 71 Tahun 2018 tentang Seragam Dinas," pungkas Yudian.

1. Menanamkan rasa cinta Tanah Air, semangat gotong royong dan bela negara;

2. Mempersiapkan kader pemimpin bangsa yang cinta Tanah Air, disiplin dan bertanggung jawab.

3. Melatih dan membina para anggota Paskibraka dalam membangun kepribadian dalam kemampuan yang tinggi untuk belajar, bekerja dan berkarya dan dilandasi perilaku disiplin, aktif, dan gembira.

4. Menciptakan pimpinan generasi muda yang memiliki integritas, bersahaja, inovatif dan berkarya dan berwawasan global.

5. Generasi muda penerus bangsa yang melestarikan dan mengamalkan Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan cinta tanah air terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia.

tag: #bpip  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

Peringati May Day 2024, BPJS Ketenagakerjaan Dukung Kesejahteraan Pekerja

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 02 Mei 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Wali Kota Administrasi Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim mengatakan, dirinya sangat mendukung upaya-upaya peningkatan kesejahteraan pekerja atau buruh. Hal ini disampaikan ...
Berita

Dave Laksono Hadiri acara Digital and Intelligent APAC Congress 2024 Bangkok

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Di era baru yang terus berkembang, teknologi seperti Al dan Cloud mendorong batasan desain bisnis, meningkatkan produktivitas, dan mentransformasi model bisnis. Ketika ...