Berita
Oleh Yunan Nasution pada hari Minggu, 14 Jun 2015 - 07:09:48 WIB
Bagikan Berita ini :

Ketua DPD Nilai Dana Aspirasi Timbulkan Kesenjangan Antar Daerah

45IrmanGusman-tscom.JPG
Irman Gusman (Sumber foto : Indra Kusuma/TeropongSenayan)

LAMPUNG (TEROPONGSENAYAN) - Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Irman Gusman berpendapat, pemberian dana aspirasi kepada setiap anggota DPR sebesar Rp 20 miliar akan menimbulkan kesenjangan antar daerah.

"Makin banyak anggotanya maka makin besar alokasi dana itu, dan ternyata paling banyak di Jawa," kata Irman saat mengikuti kunjungan kerja mendampingi Presiden Jokowi ke Lampung, Sabtu (13/6/2015).

Dengan kondisi seperti itu, lanjut Irman, maka dana APBN akan lebih banyak tersedot ke Jawa, padahal daerah luar Jawa juga memerlukan dana untuk pembangunan.

Dia mengusulkan agar dana aspirasi sekitar Rp 11 triliun itu dibagi secara merata untuk 34 provinsi di seluruh Indonesia. "Maka tiap provinsi akan menerima sekitar Rp 400 miliar, itu akan lebih adil," ujarnya.

Sebelumnya, Ketua Badan Anggaran DPR Ahmadi Noor Supit mengungkapkan bahwa DPR berencana mengalokasikan dana sebesar Rp 11,2 triliun untuk seluruh anggota DPR sebagai dana aspirasi di RAPBN 2016.

Masing-masing anggota DPR akan menerima dana aspirasi sebesar Rp 20 miliar yang disalurkan kepada pemerintah daerah untuk digunakan sesuai agenda pembangunan masing-masing daerah.(yn/ant)

tag: #dana aspirasi  #dpr  #ketua dpd  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement