Oleh Aswan pada hari Minggu, 26 Sep 2021 - 14:25:11 WIB
Bagikan Berita ini :

WHO Rekomendasikan Obat Antibodi Regeneron ke Dalam Daftar Obat Bagi Penyembuhan Pasien Covid-19

tscom_news_photo_1632641111.jpg
WHO merekomendasikan obat antibodi Regeneron untuk penanganan pada pasien Covid-19. (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA(TEROPONGSENAYAN)-Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menambahkan obat antibodi Regeneron, yang berisi casirivimab dan imdevimab, ke dalam daftar obat bagi penyembuhan pasien COVID-19.

Studi klinis menunjukkan kombinasi obat tersebut efektif untuk menangani pasien yang tidak sakit parah, tetapi berisiko tinggi dirawat di rumah sakit akibat Corona. Selain itu, bisa juga diberikan untuk pasien yang terinfeksi parah dan tidak memiliki antibodi virus tersebut,

Berdasarkan laporan WHO, ini adalah obat COVID-19 pertama yang direkomendasikan WHO untuk perawatan pasien berisiko tinggi yang tidak parah. Ini digunakan untuk mencegah penyakit berkembang menjadi lebih parah.

Sebelumnya, obat ini sudah mendapatkan izin penggunaan darurat di Amerika Serikat pada November 2020 lalu. Obat ini juga sudah digunakan dalam perawatan mantan Presiden AS Donald Trump saat dirawat di rumah sakit akibat COVID-19. Selain AS, Inggris juga sudah menyetujuinya.

"WHO memperingatkan agar tidak memperburuk ketidakadilan kesehatan dan ketersediaan yang terbatas. Pasien yang tidak parah dan berisiko lebih tinggi dirawat di rumah sakit harus dirawat," tulis WHO dalam laporan yang dikutip dari Al Jazeera, Jumat (24/9/2021).

"Mereka yang parah atau kritis dengan status seronegatif (belum mengembangkan antibodi alami terhadap COVID-19 yang ditentukan melalui tes cepat yang akurat) juga harus diobati. Karena kedua kelompok pasien ini adalah pasien yang paling membutuhkan perawatan obat ini," lanjutnya.

Untuk itu, WHO mendesak Regeneron untuk menurunkan harga obat tersebut dan mengupayakan agar obat ini bisa didistribusikan dengan adil ke seluruh dunia. Hal ini juga selaras dengan yang diungkapkan para penggiat dan pakar kesehatan masyarakat.

"Casirivimab dan imdevimab hanya direkomendasikan secara kondisional untuk COVID-19, tetapi Regeneron sudah mulai mengajukan paten. Regeneron seharusnya memberi contoh bagi semua produsen antibodi monoklonal dengan memprioritaskan keselamatan jiwa dan menepikan keuntungan,"

"Saat ini orang-orang membutuhkan akses yang terjangkau untuk mendapatkan obat-obat itu untuk menyelamatkan jiwa," pungkas Infectious Disease Advisor, MSF Access Campaign, Dr Elin Hoffmann Dahl.

tag: #who  #covid-19  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement