Oleh Sahlan Ake pada hari Kamis, 16 Des 2021 - 17:29:43 WIB
Bagikan Berita ini :

Mumpuni Modal Airlangga Diusung Golkar Capres 2024

tscom_news_photo_1639650583.jpg
Airlangga Hartarto (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Peniliti senior Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Siti Zuhro, memprediksi Partai Golkar bakal mengusung Airlangga Hartarto sebagai calon presiden pada Pilpres 2024 mendatang.

Pasalnya Golkar telah memiliki sumbangsih signifikan selama dua kali Pilpres yakni tahun 2014 dan 2019. Selain itu, selama Airlangga memimpin Golkar, partai kental berwarna kuning ini jauh dari konflik internal.

Kemudian, selama menjabat Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia, Airlangga juga jauh dari kritik publik dengan kata lain berhasil menjalankan tugasnya.

"Keliatannya menyonsong 2024 Golkar bakal mengusung kadernya sendiri. Ketum ( Airlangga Hartarto) ini keliatannya disiapkan mengikuti pilpres itu. Airlangga juga tidak menimbulkan berbagai polemik. Padahal omnibus law itu sangat luar biasa tetapi tidak ada yang "nembak" langsung ke Airlangga , jadi orangnya sangat cool sekali," kata Siti Zuhro, dalam acara diskusi yang digelar Political & Public Studies Policy bertajuk Airlangga Hartarto Capres Potensial 2024, Kamis (16/12/2021).

Sementara itu pakar komunikasi politik Universitas Pelita Harapan Emrus Sihombing, mengatakan Airlangga sudah memiliki modal politik untuk dicalonkan menjadi capres 2024. Mulai dari sukses memimpin Golkar dan menjadi menteri serta memiliki wawasan yang sangat luas baik internasional dan nasional.

"Airlangga saya pikir Golkar ajukan capres sudah benar. Jaringan nasional dan internasional cukup. Dalam konteks penanganan pimpinan partai semua bisa di rangkul. Keberhasilan tangani pandemi COVID-19 bahkan ekonomi membaik sembako tetap tersedia," ucap Emrus.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Political and Public Policy Studies (P3S), Jerry Massie menyampaikan Airlangga memiliki keunggulan untuk capres dibandingkan kandidat lain di Pilpres 2024.

Dianggap mampu membawa Golkar meraih perolehan suara besar hasil Pemilu 2019. Lalu memiliki kinerja terukur, pengalaman mumpuni, sangat berpotensi besar untuk dipilih publik. Posisi ketum parpol juga menjadi penting.

Airlangga juga memiliki rekam jejak di legislatif, karena pernah menjadi anggota DPR. Sementara di bidang ekonomi, Airlangga pernah menjabat sebagai ketua Asosiasi Emiten Indonesia.

"Golkar punya peluang, Airlangga berkoalisi dengan mana itu bagian rahasia mereka. Intinya Airlangga telah menunjukkan kepemimpinan dan kinerjanya selama ini," ucap Jerry.

Pendiri lembaga survei KedaiKopi Hendri Satrio menekankan jika Airlangga mau ingin maju menjadi capres 2024, Airlangga harus menyelesaikan beban politiknya menjadi seorang ketua parpol.

"Kita harus hindari pemilihan hasil dari pencitraan. Silahkan mau maju, pak Airlangga harus realistis turun ke masyarakat. Jangan terlena tepuk punggung," pungkasnya.

tag: #airlangga-hartarto  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

Peringati May Day 2024, BPJS Ketenagakerjaan Dukung Kesejahteraan Pekerja

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 02 Mei 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Wali Kota Administrasi Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim mengatakan, dirinya sangat mendukung upaya-upaya peningkatan kesejahteraan pekerja atau buruh. Hal ini disampaikan ...
Berita

Dave Laksono Hadiri acara Digital and Intelligent APAC Congress 2024 Bangkok

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Di era baru yang terus berkembang, teknologi seperti Al dan Cloud mendorong batasan desain bisnis, meningkatkan produktivitas, dan mentransformasi model bisnis. Ketika ...