Oleh Wiranto pada hari Jumat, 31 Des 2021 - 22:59:42 WIB
Bagikan Berita ini :

KTP Digital Sedang Diuji Coba di 50 Kabupaten Kota

tscom_news_photo_1640966382.jpg
Ilustrasi pembuatan KTP (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Kartu Tanda Penduduk (KTP) akan diganti dari kartu fisik ke digitalisasi e-KTP. Sekarang dalam tahap uji coba di 50 kabupaten kota. Antara lain Salatiga, Dompu, Kota Bima, dan Kota Bandung.

"KTP elektronik mulai tahun 2021 ini sudah mulai diterapkan sebagai identitas digital di 50 kabupaten kota sehingga ke depan tidak perlu fotokopi-fotokopi lagi," ucap Zudan, Jumat (31/12).

Digitalisasi itu berlaku untuk e-KTP yang sudah ada maupun yang baru akan dicetak. Dengan digitalisasi ini, maka tidak ada lagi kebutuhan blangko e-KTP.

KTP elektronik tidak lagi dicetak seperti sekarang, tetapi langsung disimpan ke HP penduduk.

Zudan mengurai upaya ini sebetulnya sudah dimulai sejak tahun 2019, yaitu masyarakat sudah bisa menyimpan file dokumen KK dan akta-akta, yang bisa di-print out sewaktu-waktu dibutuhkan atau tersimpan dalam bentuk file saja.

"Nah, ini juga bagi kantor-kantor untuk tidak lagi minta fotokopi dokumen kependudukan dari masyarakat, tetapi menggunakan akses verifikasi data dari Dukcapil karena dokumennya sudah menjadi data digital," katanya.

Zudan belum menjelaskan secara detail teknis penerapan e-KTP digital akan menggunakan format foto, aplikasi, atau file digital lain. Namun secara umum identitas digital ini dibarengi QR Code dan kode verifikasi untuk autentifikasi.

"Tidak ada lagi konsep KTP elektronik hilang, KTP-elnya didigitalkan dalam HP dan ada QR Code-nya. Kalau HP hilang, ikut hilang itu identitas digitalnya. Nanti minta lagi ke Dukcapil, dikirim ke no HP yang baru," kata Zudan.

tag: #ektp  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

Peringati May Day 2024, BPJS Ketenagakerjaan Dukung Kesejahteraan Pekerja

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 02 Mei 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Wali Kota Administrasi Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim mengatakan, dirinya sangat mendukung upaya-upaya peningkatan kesejahteraan pekerja atau buruh. Hal ini disampaikan ...
Berita

Dave Laksono Hadiri acara Digital and Intelligent APAC Congress 2024 Bangkok

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Di era baru yang terus berkembang, teknologi seperti Al dan Cloud mendorong batasan desain bisnis, meningkatkan produktivitas, dan mentransformasi model bisnis. Ketika ...