Oleh Bachtiar pada hari Minggu, 09 Jan 2022 - 14:21:38 WIB
Bagikan Berita ini :

IKA Ikopin Dorong RUU Perkoperasian Bisa Diselesaikan 2022

tscom_news_photo_1641712898.jpg
Rakernas DPP ika ikopin (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Sejak Mahkamah Konstitusi (MK) membatalkan
Undang-Undang (UU) Perkoperasian, maka Koperasi belum memiliki UU yang baru. Karena harus kembali ke rezim koperasi UU Perkoperasian 1992.

Meski DPR sudah berupaya membahas RUU Perkoperasian, namun pada akhirnyaRUU Perkoperasian resmi batal disahkan DPR.

Penundaan ini diputuskan dalam rapat paripurna terakhir di DPR RI periode 2014-2019, Senin (30/9/2019) yang berlangsung tanpa interupsi dan perdebatan.

"Tentu ini menjadi perhatian serius bagi IKA Ikopin, karena menyangkut nasib koperasi masa depan," kata Ketua DPP IKA Ikopin, Entis Sutisna di sela-sela acara Sarasehan dan Rapat Kerja Nasional DPP IKA Ikopin bertema "Alumni Ikopin siap bersinergi Membangun Perkoperasian Indonesia" di Fave Hotel, PGC, Jakarta, Minggu (9/01/2022).

Rakernas IKA Ikopin ini dibuka oleh Deputy Bidang Koperasi Ahmad Zabadi dan dihadiri Rektor Ikopin Burhanudin Abdullah, Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswan Dadan Irawan, Ketua Yayasan Koperasi Muhammad Taufik dan Pakar koperasi Nana Sutisna.

"Apalagi tadi disinggung oleh Kemenkop, bahwa Koperasi Simpan Pinjam (KSP) tak masuk dalam penjaminan LPS. Ini akan kita usulkan dalam RUU Perkoperasian mendatang," ujarnya.

Disisi lain, kata Entis lagi, salah satu target Rakernas ini adalah membangun IKA Ikopin yang solid. Dengan cara membangun sinergiritas IKA Ikopin dengan para alumni, almamater, pemerintah dan masyarakat. “Langkah awal sudah dilakukan mulai kompaknya kita melalui proses Munas",” ujarnya.

Hal lain yang telah dilakukan, lanjut Entis, menggerakan alumni yang aktif diberbagai instansi pemerintah maupun lembaga. "Koperasi untuk ikut membantu kegiatan kerja praktek (KKN) mahasiswa Ikopin."

Sementara itu, Ketua Yayasan Koperasi Indonesia (YPI) Muhammad Taufik mengatakan Ikopin harus berubah mengikuti perkembangan jaman, dengan menjadi universitas koperasi. “Dalam tahun ini Ikopin akan sudah jadi universitas," ujarnya.

Maka, kata Taufik, otomatis sistem pendidikan juga harus ikut direvisi. Misalnya mahasiswa semester I-IV harus tinggal di asrama. "Tujuannya untuk penguatan karakter unggul dan inovasi mahasiswa," terang Taufik lagi.

Saat ini, lanjutnya, memperkuat pendidikan ke arah digital dan mewajibkan mahasiswa mengajar ke SMA/SMU agar pemahaman koperasi makin dikenal dikalangan pelajar. "Yang pada akhirnya hasil input maupun output, Ikopin makin baik."

Diketahui, Rapat Kerja Nasional (Rakernas) pengurus DPP IKA Ikopin dilakukan secara hybrid atau zoom meeting agar bisa diikuti oleh seluruh alumni maupun pengurus DPD Ika Ikopin diseluruh Indonesia.

tag: #koperasi  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

Bersinergi dalam Beragam Aksi Kebaikan, Alumni ITB 1997 Gelar Acara Silaturahmi

Oleh Fath
pada hari Minggu, 05 Mei 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Alumni Institut Teknologi Bandung (ITB) Angkatan 1997 menegaskan kebersamaan dan komitmennya untuk beraksi dalam berbagai bentuk kegiatan positif dalam Temu Kangen Syner97 ...
Berita

Jemaah Haji Kloter Pertama Mulai 12 Mei

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Kementerian Agama (Kemenag) melaporkan, pemberangkatan perdana jemaah Haji 1445 Hijriah/2024 Masehi pada 12 Mei 2024. Di mana sebanyak 22 kelompok terbang (kloter) akan ...