Oleh Sahlan Ake pada hari Rabu, 29 Jun 2022 - 23:03:43 WIB
Bagikan Berita ini :

Rizki Aulia Dorong Pemerintah Daerah Manfaatkan Digital dengan Inovasi Administrasi Kependudukan

tscom_news_photo_1656518623.jpg
Rizki Aulia (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Anggota Komisi I DPR Rizki Aulia Rahman Natakusumah mengatakan, bahwa pemerintah sedang menggalakkan berbagai program untuk memanfaatkan digital salah satunya adalah mengenai administrasi kependudukan pada pemerintah daerah.

“Ada beberapa program pemerintah untuk meningkatkan literasi digital masyarakat, salah satunya adalah penggunaan digital pada administrasi kependudukan. Oleh karena itu pentingnya peran pemerintah daerah dalam mensosialisasikan penggunaan digital tersebut kepada masyarakat," ucapnya dalam webinar Ngobrol Bareng Legislator dengan tema “Peran Pemerintah Daerah dalam Administrasi Kependudukan di Era digital”, Rabu (29/6/2022).

Rizki juga mengatakan, bahwa banyak sekali tantangan yang perlu dihadapi terutama tantangan bagi pemerintah, salah satunya mengenai pemberantasan hoaks dan kejahatan lainnya.

“Banyak permasalahan-permasalahan baru yang dihadirkan dengan adanya perkembangan teknologi, contohnya permasalahan hoaks dimana banyak sekali informasi yang belum jelas sumbernya, dan banyak masyarakat yang belum mencerna informasi dengan baik. Hal tersebut menjadi tantangan bagi kita semua khususnya orang-orang yang berpendidikan atau pemerintah yang diharapkan bisa menjadi pemimpin untuk memberikan literasi terhadap masyarakat lain, jadi saya harapkan teman semua bisa menjadi agen perubahan," kata politikus Partai Demokrat ini.

Dalam kesempatan yang sama, Ahmad Mursidi selaku Kepala Disdukcapil Kabupaten Pandeglang menjelaskan, bahwa pemanfaatan digital di Kabupaten Pandeglang dalam administrasi kependudukan sudah mulai dilakukan.

“Pemanfaatan digital yang sudah kami lakukan dalam administrasi kependudukan sudah membawa perubahan-perubahan. Hal tersebut merupakan suatu inovasi yang sangat bermanfaat, salah satunya dengan memberikan pelayanan terbaik dengan lebih mudah dan cepat," katanya.

Ahmad Mursidi juga menambahkan, bahwa terdapat beberapa inovasi-inovasi digital pada administrasi kependudukan.

“Inovasi digital pada administrasi kependudukan meliputi pendaftaran online melalui web dan aplikasi mobile, tanda tangan elektronik pada dokumen kependudukan, dan untuk mendapatkan dokumen kependudukan dapat diakses secara mandiri dan dapat dimana saja," katanya.

Dalam closing statementnya Ahmad Mursidi juga memberikan pesan pada masyarakat.

“Disamping kami berusaha untuk membenahi pelayanan administrasi terbaik kami dalam internal, saya juga berharap kepada masyarakat untuk mau juga berubah dan dapat meningkatkan literasi digital," tandasnya.

tag: #dpr  #partai-demokrat  #fraksi-demokrat  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

I Nyoman Parta Desak Aparat Kepolisian Usut Tuntas Kasus Tewasnya Mahasiswa STIP

Oleh Fath
pada hari Sabtu, 04 Mei 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota DPR RI dari daerah pemilihan Bali, I Nyoman Parta meminta aparat kepolisian mengusut tuntas tewasnya mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta, Putu ...
Berita

Ini Kata Anies Soal Beredar Partai Perubahan

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Anies Baswedan membantah adanya tawaran untuk pembuatan partai. Beredar di sosial media rencana pembentukan partai perubahan dengan logo burung hantu. Dari foto yang ...