Berita
Oleh Ilyas pada hari Senin, 29 Jun 2015 - 14:45:57 WIB
Bagikan Berita ini :

Protes KPK, Warga dan PNS Morotai Boikot Aktivitas Pemerintahan

94demo-morotai.jpg
Demo warga dan PNS Morotai memprotes penetapan tersangka Bupati Morotai oleh KPK (Sumber foto : Dok/ TeropongSenayan)

MOROTAI (TEROPONGSENAYAN) - Warga Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara kembali melakukan aksi pemboikotan aktivitas pemerintahan, Senin (29/6/2015). Aksi ini buntut dari penetapan Bupati Morotai Rusli Sibua oleh Komisi Pemberantasa Korupsi (KPK) RI sebagai tersangka terkait kasus Akil Mohtar pada Jumat (26/6/2015).

Aksi pemboikotan ini berawal dari warga Morotai yang dipimpin masing-masing Kepala Desa mendatangi Kantor Bupati, Senin pagi. Kedatangan warga ini tak lain dengan maksud memberikan dukungan kepada Rusli Sibua yang ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK. Warga pun mengaku kecewa dengan penetapan tersangka tersebut. Tak heran, aksi ini juga memantik pendemo berkeinginan keluar dari NKRI.

Awalnya, aktivitas pemerintahan di Morotai pagi sempat berjalan seperti biasa. Para PNS yang melakukan apel gabungan di Kantor Bupati pada setiap hari senin pun berjalan normal.

Usai apel gabungan, suasana menjadi lain. Warga yang sudah memadati kantor bupati mulai melakukan aksi orasi dan melakukan aksi bakar ban. Tak hanya itu, warga juga mendesak para PNS agar meninggalkan kantor untuk bergabung dengan masa aksi. Alhasil, seluruh Pegawai di lingkup Pemkab Pulau Morotai berhamburan turun ke jalan. Mereka turut mendukung warga dalam aksi mendukung Bupati Morotai.

Tak hanya bergabung, para PNS ini juga melakukan aksi bakar baju dinas sebagai bentuk kekecewaan terhadap KPK yang menetapkan Rusli Sibua sebaia tersangka. Aksi bakar baju dinas ini diawalai para pejabat dalam hal ini Kepala Dinas dan Badan, diikuti para Kepala desa dan disusul para pegawai lainnya.

“Tidak bisa dipungkiri, Rusli Sibua adalah tokoh pembangunan Morotai. Di tangan beliaulah, wajah Morotai berubah seperti sekarang ini. Karena itu, tak heran kalau hari ini seluruh rakyat Morotai merasa kecewa dengan penetapan Rusli Sibua sebagai tersangka,” koar Parto Sumtaki, salah satu orator.

Di sela-sela aksi, para pendemo lantas melakukan aksi pemboikotan aktifitas pemerintah. Seluruh perkantoran Pemerintah di tutup. Pintunya dipalang lalu para pegawainya diminta tidak berkantor.

“Mulai detik ini, seluruh aktifitas pemerintah diliburkan sampai batas waktu yang tidak ditentukan,” timpal Orator lainnya, Irwan Soleman.
Pendemo juga mengancam para PNS bila tidak mendukung aksi pemboikotan aktifitas pemerintahan.

Alhasil, sekitar pukul 10.45 WIT, seluruh perkantoran pemerintah di Morotai mulai lumpuh. Pendemo juga berencana membangun posko di depan Kantor Bupati untuk memback-up aksi pemboikotan tersebut. (iy)

tag: #bupati morotai  #rusli sibua  #kpk  #warga morotai  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement