Berita
Oleh Yunan Nasution pada hari Rabu, 01 Jul 2015 - 07:01:50 WIB
Bagikan Berita ini :

Pesawat Hercules Jatuh, Pemerintah Diminta Hentikan Terima Alutsista Hibah

69Supiadin.JPG
Supiadin (Sumber foto : Dok/TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Jatuhnya pesawat Hercules C-130 yang menewaskan 12 kru dan 113 warga sipil di Medan, Sumatera Utara, Selasa (30/6/2015) menambah catatan buruk alutsista Tentara Nasional Indonesia (TNI). Pesawat tersebut merupakan pesawat hibah yang diterima TNI dari Australia. Pemerintah pun didesak untuk tak lagi menerima hibah untuk alat utama sistem persenjataan (alutsista) angkatan bersenjata Indonesia.

Anggota Komisi I DPR dari Fraksi Partai NasDem yang juga mantan Pangdam Iskandar Muda Supiadin AS mengatakan, jatuhnya pesawat Hercules di Medan merupakan peringatan yang jelas bagi pemerintah untuk menghentikan menerima hibah apapun untuk alutsista TNI.

"Indonesia itu sebenarnya harus belajar dari pengalaman, dan gunakanlah anggaran dari APBN untuk modernisasi alutsisa bukan dengan hibah dari negara lain," kata Supiadin dalam keterangan tertulisnya kepada TeropongSenayan, Rabu (1/7/2015).

Supiadin menegaskan, pemerintah harus segera mengevaluasi keberadaan pesawat yang didapat dari hasil hibah, lantaran banyak yang sudah tua dan tenggat penggunaannya sudah hampir habis.

Pada April lalu, pesawat F-16 hibah dari Amerika Serikat terbakar di Lanud Halim Perdanakusumah, karena gagal lepas landas. Saat itu Indonesia telah sepakat menerima 24 pesawat dari AS, namun ketika telah didatangkan 5 unit, hanya dua yang berstatus serviceable dan dikategorikan layak operasi.

"Pemerintah tak lagi menunda-nunda modernisasi alutsista TNI. Tragedi di Medan ini menjadi tamparan keras bagi pemerintah," pungkas dia.

Pada April lalu, pesawat F-16 hibah dari Amerika Serikat terbakar di Lanud Halim Perdanakusumah, karena gagal lepas landas. Saat itu Indonesia telah sepakat menerima 24 pesawat dari AS, namun ketika telah didatangkan 5 unit, hanya dua yang berstatus serviceable dan dikategorikan layak operasi.(yn)

tag: #hercules jatuh  #pesawat hercules  #alutsista  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement