Opini
Oleh Ipang Wahid (Warga Negara Indonesia) pada hari Senin, 17 Agu 2015 - 21:37:12 WIB
Bagikan Berita ini :

Perayaan dengan Perasaan

37IMG_20150817_210933_1439820690356.jpg
Ipang Wahid (Sumber foto : Istimewa)

17 agustus sudah (nyaris) berlalu.

Upacara di udara, darat dan lautan sudah terlaksana dengan khidmat. Keriaan lomba diaspal kota hingga tanah becek kampung sudah dilakukan penuh canda tawa. Postingan puitis, meme heroik hingga video nan epik sudah malang melintang dijagat medsos.

Lantas....

Apakah besok ada yang berubah dari kita? Adakah kita akan menjadi warga negara yang lebih baik? Berlalu lintas dengan tertib, nggak buang sampah sembarangan, nggak nyogok polisi kalau kena tilang, lebih peduli urus lingkungan tempat tinggalnya?

Apakah para pengusaha akan mengubah kebiasaannya mengajak para pejabat dan penegak hukum untuk berkolusi menimba uang sebanyak-banyaknya?

Apakah juga para politisi/legislator dan eksekutif menghentikan kebiasaannya atur-atur anggaran APBN dan APBD sehingga mereka bisa dapat margin dari kuasanya?

Apakah juga para penegak hukum akan menghentikan perilaku memeras korban mereka untuk dapat fulus berlimpah?

Apakah juga anak-anak sekolah akan menghentikan kebiasaan nyontek mereka yang buruk itu karena nyontek itu pangkal segala kecurangan kalau besar nanti?

Entahlah.

Semoga perayaan 70 tahun Kemerdekaan ini menjadi benar-benar lebih berarti. Malu sama logo baru yang dibuat penuh nasionalisme dan liputan media penuh makna. Lebih malu lagi sama doa-doa yang terpanjat selama 70 tahun...

Dirgahayu Negeriku.

Semoga 70 tahun ini memang penuh makna perubahan bagi seluruh negeri. Bukan cuma diucap, ditulis atau dinyanyikan...tapi benar-benar sepenuh hati.

Salam kemerdekaan...

TeropongRakyat adalah media warga. Setiap opini/berita di TeropongRakyat menjadi tanggung jawab Penulis.

Disclaimer : Rubrik Opini adalah media masyarakat dalam menyampaikan tulisannya. Setiap Opini di kanal ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab Penulis dan teropongsenayan.com terbebas dari segala macam bentuk tuntutan. Jika ada pihak yang berkeberatan atau merasa dirugikan dengan tulisan ini maka sesuai dengan undang-undang pers bahwa pihak tersebut dapat memberikan hak jawabnya kepada penulis Opini. Redaksi teropongsenayan.com akan menayangkan tulisan tersebut secara berimbang sebagai bagian dari hak jawab.

tag: #ipang wahid  #kemerdekaan  #hutri 70  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Opini Lainnya
Opini

Prabowo Subianto dan Diktatorship Kerakyatan

Oleh Syahganda Nainggolan
pada hari Sabtu, 11 Mei 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Spontan rakyat Indonesia kaget dengan pernyataan politik terbaru Prabowo Subianto: "Bersama Saya atau Diam Menonton!". Hal itu dinyatakan Prabowo kemarin pada ...
Opini

Prabowo dan Gaza Solidarity Encampment

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Presiden terpilih Prabowo Subianto melakukan gerakan internasional melalui pikirannya yang dia suarakan di salah satu kolom majalah terbesar eropa, "the ...