Berita
Oleh Ahmad Hatim Benarfa pada hari Minggu, 04 Okt 2015 - 16:33:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Lakukan Penyiksaan, LSM Tuntut Ivan Haz Dicopot Sebagai Wakil Rakyat

2IMG20151004152149.jpg
Konferensi Pers LSM Ingin Ivan Haz DIcopot (Sumber foto : Ahmad Hatim Benarfa/TeropongSenayan)
Teropong Juga:

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Penyiksaan Pembantu Rumah Tangga (PRT) yang melibatkan anggota komisi IV DPR RI Fanny Syafriansyah (Ivan Haz) berbuntut pada tuntutan publik supaya yang bersangkutan di berhentikan sebagai wakil rakyat.

Sejumlah LSM memberikan pernyataan sikap mendesak Mahkamah Kehormatan DPR (MKD) tidak mentolelir kasus tersebut dan menuntut anak Hamzah Haz sebagai pelaku agar dicopot dari kedudukannya sebagai anggota dewan.

"Mendesak MKD melakukan penindakan kepada Ivan Haz sebagai pelaku harus diberhentikan karena melakukan tidak kekerasan," ujar jubir sejumlah LSM Lita Anggaraini dalam konferensi persnya di kantor LBH Jakarta, Minggu (4/10/2015).

Kuasa Hukum LBH Jakarta, Bunga Siagian menunjukkan sejumlah fakta penganiaayaan yang menyebabkan Ivan Haz dilaporkan ke kepolisian. Ia membeberkan bahwa korban penganiayaan PRT oleh Ivan Haz, Toipah (20), telah mengalami berbagai rentetan perlakuan kekerasan dari sang majikan.

"Secara umum sebenarnya Toipah bekerja sejak 2 mei 2015. Kemudian ia ingin keluar tapi tidak dibolehkan. Sejak itu dia mengalami tindakan kekerasan. Hampir tiap hari dipukul, ditendang dan dipukul pakai botol dan mainan anak hingga luka-luka bocor, lebam-lebam, Lalu telinganya bengkak. Dia juga mengalami kekerasan tidak hanya fisik tapi juga psikis. Dia trauma dan tidak bisa didekati orang," paparnya.

Bersamaan dengan kejadian itu, LBH Jakarta menekankan kepada DPR untuk segera mewujudkan pembentukan UU perlindungan PRT.

"Tidak ada lagi alasan untuk menunggu pada kisaran angka-angka korban semata. Segera wujudkan Undang-undang PRT," tandasnya. (mnx)

tag: #kekerasan terhadap perempuan  #penyiksaan PRT  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Bersinergi dalam Beragam Aksi Kebaikan, Alumni ITB 1997 Gelar Acara Silaturahmi

Oleh Fath
pada hari Minggu, 05 Mei 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Alumni Institut Teknologi Bandung (ITB) Angkatan 1997 menegaskan kebersamaan dan komitmennya untuk beraksi dalam berbagai bentuk kegiatan positif dalam Temu Kangen Syner97 ...
Berita

Jemaah Haji Kloter Pertama Mulai 12 Mei

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Kementerian Agama (Kemenag) melaporkan, pemberangkatan perdana jemaah Haji 1445 Hijriah/2024 Masehi pada 12 Mei 2024. Di mana sebanyak 22 kelompok terbang (kloter) akan ...