Berita
Oleh Bara Ilyasa pada hari Sabtu, 17 Okt 2015 - 14:57:31 WIB
Bagikan Berita ini :

DPR Didesak Awasi Perpanjangan Kontrak Freeport

17DSC_0026.JPG
Gedung DPRRI (Sumber foto : Indra Kusuma/TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - DPR RI didesak untuk mengawasi wacana perpanjangan PT Freeport Indonesia yang dikabarkan bakal dilakukan sebelum tahun 2019, sebagaimana ketentuan yang sudah disepakati.

Hal itu diungkapkan Direktur Eksekutif Indonesian Resources Studies (IRESS), Marwan Batubara. Menurut dia, seharusnya DPR kritis akan wacana perpanjangan kontrak perusahaan asal Amerika Serikat itu.

"(Perpanjangan kontrak) ini masalah prinsip yang harus dituntaskan. Jangan DPR diam. Ini fatal kalau (DPR) diam," ujar Marwan dalam sebuah diskusi di Jakarta, Sabtu (17/10/2015).

Menurut Marwan, jika PT Freeport sudah berbentuk Initial Public Offering(IPO) maka akan sulit untuk diawasi.

"Freeport ini perlu pengawasan. Jangan dibiarkan Freeport IPO, nanti kalau sudah IPO sulit pengawasannya," ungkapnya.

Sebelumnya, kepastian mengenai perpanjangan kontrak Freeport telah disampaikan Menteri ESDM Sudirman Said. Pemerintah menurut Sudirman, telah menyetujui perpanjangan kontrak operasi perusahaan tambang asal Amerika Serikat (AS) itu pasca 2021, termasuk kepastian hukum dan fiskal yang terdapat pada kontrak karya.

Tindakan Menteri ESDM Sudirman Said ini sebenarnya melanggar Peraturan Pemerintah Nomor 77/2014 yang jelas-jelas menyebutkan masa pengajuan perpanjangan kontrak mineral dan batubara paling cepat dua tahun sebelum kontrak berakhir. Merujuk aturan ini perpanjangan kontrak Freeport baru bisa dilakukan pada 2019.(yn)

tag: #freeport  #dpr  #freeport indonesia  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Bersinergi dalam Beragam Aksi Kebaikan, Alumni ITB 1997 Gelar Acara Silaturahmi

Oleh Fath
pada hari Minggu, 05 Mei 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Alumni Institut Teknologi Bandung (ITB) Angkatan 1997 menegaskan kebersamaan dan komitmennya untuk beraksi dalam berbagai bentuk kegiatan positif dalam Temu Kangen Syner97 ...
Berita

Jemaah Haji Kloter Pertama Mulai 12 Mei

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Kementerian Agama (Kemenag) melaporkan, pemberangkatan perdana jemaah Haji 1445 Hijriah/2024 Masehi pada 12 Mei 2024. Di mana sebanyak 22 kelompok terbang (kloter) akan ...