Berita
Oleh Ahmad Hatim Benarfa pada hari Sabtu, 07 Nov 2015 - 07:58:42 WIB
Bagikan Berita ini :

BNPB Ungkap Trik Licik Pelaku Pembakaran Hutan

84images.jpg
Ilustrasi (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho membeberkan teknik yang biasa dilakukan oknum penjahat pembakar hutan.

Sutopo mengetahui trik licik penjahat pembakar hutan karena sering melakukan inspeksi mendadak ke hutan-hutan yang rawan terjadi pembakaran.

"Mau tau bagaimana mereka membakar hutan? Jadi, Ban bekas diselupin di solar. Dibakar lalu ditinggal. Sudah, setelah itu hutan terbakar," ungkap Sutopo saat mengisi materi pengajian bulanan Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah yang mengangkat tema "Pembakaran Hutan: Akar Masalah dan Solusinya" di kantor PP Muhammadiyah, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat malam (6/11/2015).

Ditegaskan Sutopo, kebakaran hutan yang seringkali terjadi di Indonesia lebih dominan disebabkan oleh faktor kesengajaan dari perusahaan-perusahan nakal. Mereka melakukan dengan cara membakar demi pengiritan biaya saat akan melakukan alih fungsi lahan.

Lebih lanjut Sutopo menjelaskan, perusahaan-perusahaan tersebut lebih bertindak sebagai otak intelektual dari modus kejahatan pembakaran hutan. Mereka bermain di balik layar dengan menyuruh orang-orang tertentu yang dibayar khusus untuk melakukan pembakaran.

"Kami pernah melakukan tangkap tangan di Riau. Dia (pelaku) diberi upah oleh perusahaan Rp 300 sampai 750 ribu untuk per hektarnya," paparnya.(yn)

tag: #bnpb  #kabut-asap  #kebakaran-hutan  #melawankabutasap  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Dewas KPK Sidang Etik Nurul Ghufron Hari Ini

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 02 Mei 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Dewan Pengawas KPK menggelar sidang perdana dugaan pelanggaran etik wakil ketua KPK Nurul Ghufron. Ghufron terlibat dugaan etik dalam proses mutasi pegawai di Kementerian ...
Berita

Momentum Hardiknas 2024, Ikramullah Akmal Dorong Pemuda Semakin Terdidik untuk Memenangkan Masa Depan

MAKASAR (TEROPONGSENAYAN) --Tenaga Ahli Wakil Ketua MPR RI, Dr. Ikramullah Akmal, S.Sos., M.Si memberikan pandangannya menyambut Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2024. Menurutnya, pendidikan yang ...