Berita
Oleh Ahmad Hatim Benarfa pada hari Sabtu, 07 Nov 2015 - 10:10:44 WIB
Bagikan Berita ini :

Kerugian Akibat Kebakaran Hutan 2015 Mencapai Rp 100 Triliun

53KABUT_ASAP_4.jpg
Pantauan udara dengan helicopter menunjukkan kabut asap dari lahan dan hutan yang terbakar di Kawasan Kubu Raya, Pontianak, Kalimantan Barat (12/9/2015) (Sumber foto : Indra Kusuma)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, negara harus menanggung kerugian yang sangat besar.

Tak tanggung-tanggung, negara tekor hingga lebih dari dua kali lipat dibanding kerugian akibat bencana tsunami Aceh.

"Bencana sunami Aceh, kerugian negara mencapai sekitar 45 triliun. Sedangkan kebakaran hutan 2015 ini mencapai sekitar 100 triliun," ujar Sutopo saat mengisi materi pengajian bulanan Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah yang mengangkat tema "Pembakaran Hutan: Akar Masalah dan Solusinya" di kantor PP Muhammadiyah, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat malam (6/11/2015).

Disampaikan Sutopo, mengatasi kebakaran hutan jauh lebih sulit dari penanggulangan berbagai bencana lain. Menurutnya, pergerakan api yang melalap lahan di hutan sangat sulit dikendalikan.

"Kalau gempa, banjir dan erupsi kan terjadinya di situ saja. Di tempat yang menjadi titik bencananya. Tetapi begitu kebakaran hutan, sulit dikendalikan," ungkapnya.

Sutopo menggambarkan bagaimana sulitnya mengendalikan api saat terjadi kebakaran hutan. Ia menyampaikan bahwa pemadaman api tidak cukup dilakukan sekali penyiraman air hujan buatan.

"Karena, ketika dipermukaan kita padamkan, dibawah jurang gambut masih terbakar. Dan api di hutan bisa melompat. Bayangkan lompatan api di hutan bisa melangkahi sungai yang lebarnya 500 meter. Itu karena adanya faktor eksternal angin dan cuaca kering," jelasnya.(yn)

tag: #bencana-asap  #kabut-asap  #kebakaran-hutan  #melawankabutasap  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Dewas KPK Sidang Etik Nurul Ghufron Hari Ini

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 02 Mei 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Dewan Pengawas KPK menggelar sidang perdana dugaan pelanggaran etik wakil ketua KPK Nurul Ghufron. Ghufron terlibat dugaan etik dalam proses mutasi pegawai di Kementerian ...
Berita

Momentum Hardiknas 2024, Ikramullah Akmal Dorong Pemuda Semakin Terdidik untuk Memenangkan Masa Depan

MAKASAR (TEROPONGSENAYAN) --Tenaga Ahli Wakil Ketua MPR RI, Dr. Ikramullah Akmal, S.Sos., M.Si memberikan pandangannya menyambut Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2024. Menurutnya, pendidikan yang ...