Berita
Oleh Ahmad Hatim Benarfa pada hari Senin, 24 Nov 2014 - 09:46:28 WIB
Bagikan Berita ini :

Kekurangan Kilang Membelit Indonesia Mencukupi Kebutuhan BBM Domestik

59Seto.JPG
Seto Wardono, Ekonom LPS (Sumber foto : Ahmad Hatim Benarfa/TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Untuk mengatasi persoalan Bahan Bakar Minyak (BBM), Indonesia perlu membangun banyak kilang BBM. Pasalnya, kapasitas kilang yang ada tidak lagi mampu memenuhi konsumsi yang terus semakin besar.

Jika kondisi ini dibiarkan berlarut-larut akan semakin membelit Indonesia dalam memenuhi kebutuhan BBM. Kapasitas kilang BBM di Indonesia saat ini sebesar 1,1 juta barel per hari. Padahal konsumsi sudah mencapai sekitar 1,3 juta barel per hari. Kilang BBM terakhir dibangun Indonesia tahun 1994 yaitu kilang BBM di Balongan, Indramayu.

"Indonesia harus membangun lebih banyak kilang-kilang BBM baru yang inputnya (bahan baku minyak mentah-red) dari Indonesia," ujar Seto Wardono, pengamat ekonomi Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) dalam seminar nasional bertema 'Menimbang Efektivitas Kebijakan Otoritas Moneter Dalam Mengendalikan Current Account Deficit di Indonesia' di hotel Millenium, Jakarta, kemarin.

Seto mengungkapkan sejak beberapa tahun belakangan Indonesia mengalami defisit dalam neraca perdagangan migas. Baik produksi minyak mentah maupun produksi kilang BBM tak mencukupi tingkat konsumsi BBM domestik. Sehingga harus ditutup dengan impor.

Kondisi ini menyebabkan tekanan pada neraca perdagangan secara keseluruhan. Maklum, kebutuhan devisa untuk impor BBM maupun minyak mentah (yang diolah dalam kilang BBM di dalam negeri-red) tergolong cukup besar yakni sekitar US$1 juta per hari.

Pembangunan kilang BBM diharapkan bisa sedikit mengatasi persoalan ini. Seto juga berharap kilang BBM yang dibangun mengolah minyak mentah asal Indonesia. "Kebanyakan kilang-kilang memproduksi BBM, dengan menggunakan input (bahan baku minyak mentah-red) dari luar. Tantangannya, sekarang kita, memproduksi BBM dari minyak kita sendiri," ujar Seto.(ris)

tag: #Kilang BBM  #Seto  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Peringati May Day 2024, BPJS Ketenagakerjaan Dukung Kesejahteraan Pekerja

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 02 Mei 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Wali Kota Administrasi Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim mengatakan, dirinya sangat mendukung upaya-upaya peningkatan kesejahteraan pekerja atau buruh. Hal ini disampaikan ...
Berita

Dave Laksono Hadiri acara Digital and Intelligent APAC Congress 2024 Bangkok

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Di era baru yang terus berkembang, teknologi seperti Al dan Cloud mendorong batasan desain bisnis, meningkatkan produktivitas, dan mentransformasi model bisnis. Ketika ...