Berita
Oleh Sahlan Ake pada hari Senin, 09 Feb 2015 - 20:33:49 WIB
Bagikan Berita ini :

Ketua Komisi VII Sebut Izin Ekspor Freeport Masalah Besar

26Kardaya.JPG
Kardaya Warnika, Ketua Komisi VII DPR RI (Sumber foto : Mulkan Salmun/TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Izin ekspor konsentrat Freeport yang diberikan pemerintah, menurut Ketua Komisi VII Kardaya Warnika merupakan masalah besar. Sebab, izin ini menabrak UU nomr 4/2009 tentang Mineral dan Batubara (Minerba)

"Memberikan izin ekspor (oleh pemerintah-red) itu yang menjadi permasalahan," ujar Kardaya di komplek Parlemen, Senayan, Senin (9/2/2015). Izin itu menjadi satu kesatuan dalam MoU (nota kesepahaman) antara pemerintah dengan Freeport.

Menurut Kardaya, sebenarnya MoU pada dasarnya tidak mengikat. Sebab, nota kesepahaman bukan kontrak. Namun kesepakatan antara dua pihak dalam hal ini Freeport dan pemerintah mengenai kewajiban pembangunan smelter oleh perusahaan asal Amerika

Sehingga perpanjangan enam bulan ke depan itu merupakan kelonggaran pemerintah agar Freeport serius membangun smelter. Sebab, sesuai UU Minerba kewajiban membangun smelter ini paling lambat lima tahun sejak 2009 saat UU Minerba mulai diberlakukan.

"Selama ini Freeport kemana saja? Kenapa baru sekarang dipermasalahkan. Kenapa baru saat ini berbicara soal smelter yang modalnya sangat tinggi (sehingga minta kelonggaran-red)," ujar Kardaya yang juga politisi Partai Gerindra ini.

Kardaya mengingatkan izin ekspor ini membuat iri perusahaan pertambangan lainnya yang tidak bisa mendapatkan hal yang sama. Sebab, Freeport diistimewakan pemerintah. Dia mendesak pemerintah mencari kekisruhan perizinan ini.(ris)

tag: #Kardaya  #Freeport  #Smelter  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Dave Laksono Hadiri acara Digital and Intelligent APAC Congress 2024 Bangkok

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 02 Mei 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Di era baru yang terus berkembang, teknologi seperti Al dan Cloud mendorong batasan desain bisnis, meningkatkan produktivitas, dan mentransformasi model bisnis. Ketika ...
Berita

Bamsoet Ajak Pendukung Anies dan Gandjar Serta Seluruh Elemen Bangsa Perkuat Persatuan Indonesia

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengingatkan dalam waktu sekitar lima bulan ke depan, bangsa Indonesia akan dihadapkan pada ...