Berita
Oleh Ahmad Hatim Benarfa pada hari Selasa, 14 Apr 2015 - 21:06:47 WIB
Bagikan Berita ini :

DPR Nilai Pencatatan Aset Kekayaan Negara Lemah

47Kurtubi NTB.jpg
Anggota Komisi VII DPR Kurtubi (Sumber foto : Ahmad Hatim Benarfa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Komisi VII DPR kecewa pemerintah lemah tata kelola aset kekayaan negara, termasuk BUMN. Karena itu DPR meminta seluruh aset milik PT Bukit Asam diintegrasikan ke dalam ‎laporan kekayaan aset negara. Kekayaan yang dimaksud itu meliputi seluruh komoditas produksi perusahaan tambang BUMN itu.

Anggota Komisi VII DPR Kurtubi mengatakan lemahnya tata kelola ‎pencatatan aset kekayaan perusahaan-perusahaan BUMN ditandai dengan tidak terdatanya aset-aset tersebut.
"Kita begitu lemah dalam tata kelola. Bagaimanapun aset tambang harus dimiliki, dikuasai dan diatur oleh negara," katanya kepada TeropongSenayan di Jakarta, Selasa (14/4/201

Masalahnya, kata anggota Fraksi Partai Nasdem, pertanyaannya sekarang buku catatan itu ada dimana. "Dan pelaporan pembukuan keuangannya mana?" tambah anggota Fraksi Partai Nasdem

‎Selain itu, Kurtubi meminta PT.Bukit Asam menginventarisir seluruh komoditas berupa lahan dan barang tambang yang dimilikinya.

Menurut mantan dosen FEUI, hal itu dimaksudkan untuk mengantisipasi pencaplokan kekayaan alam milik negara oleh pihak-pihak lain. "‎Jadi selanjutnya, batubara dan seluruh barang tambang lainnya harus dilaporkan secara nasional. Kalau tidak, bisa saja pihak lain mengklaim," ungkapnya.

Sementara itu, Anggota komisi VII DPR dari Fraksi Partai Gerindra Ramson Siagian meminta PT BA segera memberi laporan keuangan ‎dari hasil penjualan komoditas energi primer pembangkit listrik.

Dia juga mempertanyakan laporan besaran saham yang dimiliki perusahaan negara yang bergerak di bidang pertambangan dan energi listrik tersebut. "Sekarang saham yang sudah go publik itu sudah berapa persen?," imbuhnya. (ec)

tag: #Kasus Pertambangan  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Ini Syarat Calon Independen Maju Pilgub DKI

Oleh Sahlan Ake
pada hari Sabtu, 11 Mei 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta menjelaskan syarat bakal calon independen yang hendak maju dalam Pilgub DKI Jakarta 2024. Salah satunya ialah menyerahkan formulir ...
Berita

Sudah Sejauh Mana Kasus Dugaan Korupsi Di Telkomsigma?

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Kasus dugaan korupsi proyek fiktif di anak usaha PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM), PT Sigma Cipta Caraka atau Telkomsigma periode 2017 - 2022 hingga kini belum ada kemajuan ...