Berita
Oleh Agus Eko Cahyono pada hari Rabu, 15 Apr 2015 - 10:09:47 WIB
Bagikan Berita ini :

Mahfudz : Bentuk Tim Penanganan WNI Berkasus Hukuman Mati

31Mahfud Siddiq PKS.jpg
Ketua Komisi I DPR Mahfudz Siddiq (Sumber foto : Agus Eko Cahyono/TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Kasus eksekusi mati WNI bernama Zaenab di Arab Saudi membuat DPR geram. Oleh karena itu Komisi I DPR minta agar Kemenlu membentuk tim bersama dengan Kemenaker, BNP2TKI dan Kemenkumham dalam penanganan WNI yang saat ini terancam hukum mati.

"Karena kasus hukum WNI di luar negeri bukan hanya urusan Kemlu. Faktor hulu pengiriman TKI ke luar negeri juga harus dilibatkan tanggung jawabnya," kata Ketua Komisi I Mahfudz Siddiq kepada TeropongSenayan di Jakarta, Rabu (15/4/2015).

Menurut Mahfudz, DPR menyatakan sikap keprihatinan mendalam atas eksekusi mati WNI bernama Zainab terkait tindak pidana pembunuhan. Ditolaknya permintaan maaf Zaenab, lanjut anggota Fraksi PKS, karena pihak keluarga korban sampai akhir proses peradilan tidak mau memberikan maaf, akibat sadisnya kasus pembunuhan tersebut dan akibat kejadian berantai yang terjadi.

Diakui Mafudz, Komisi I DPR dalam kunjungan ke KBRI dan KJRI Saudi Arabia sudah mendapat penjelasan sebulan lalu mengenai kasus ini dan perkembangan advokasi hukumnya. "Kasus ini memang berat dan pihak keluarga korban sudah bertekad tidak akan memaafkan," ucapnya.

Mahfudz menambahkan Kerajaan Saudi dan KBRI tidak bisa berbuat apa-apa. Karena tidak adanya permaafan keluarga meski sudah diajukan tawaran diyat yang sangat besar. "Komisi I DPR menghargai upaya keras KBRI dan KJRI di saudi yang bertahun-tahun mengadvokasi kasus ini," imbuhnya. (ec)

tag: #Kasus WNI ISIS  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Bersinergi dalam Beragam Aksi Kebaikan, Alumni ITB 1997 Gelar Acara Silaturahmi

Oleh Fath
pada hari Minggu, 05 Mei 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Alumni Institut Teknologi Bandung (ITB) Angkatan 1997 menegaskan kebersamaan dan komitmennya untuk beraksi dalam berbagai bentuk kegiatan positif dalam Temu Kangen Syner97 ...
Berita

Jemaah Haji Kloter Pertama Mulai 12 Mei

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Kementerian Agama (Kemenag) melaporkan, pemberangkatan perdana jemaah Haji 1445 Hijriah/2024 Masehi pada 12 Mei 2024. Di mana sebanyak 22 kelompok terbang (kloter) akan ...