Berita
Oleh Sahlan Ake pada hari Rabu, 29 Apr 2015 - 15:35:54 WIB
Bagikan Berita ini :

Soal Pilkada Serentak, Akom Yakin KPU Ikuti Rekomendasi Komisi II

84Akom_(indra).jpg
Ade Komaruddin (Sumber foto : Indra Kusuma/TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Ketua Fraksi Partai Golkar hasil Munas Bali, Ade Komarudin yakin rekomendasi panitia kerja (Panja) Komisi II DPR RI terkait syarat Parpol yang ikut dalam pemilihan kepada daerah (Pilkada) serentak akan dilaksanakan Komisi Pemilihan Umum (KPU)

Sebelumnya Komisi II DPR memberikan tiga rekomendasi terkait adanya konflik internal partai Golkar dan PPP untuk dimasukkan dalam peraturan KPU (PKPU), yakni Parpol yang berhak mengikuti Pilkada serentak adalah yang mempunyai kekuatan hukum tetap (inkracht), merekomendasikan agar Parpol yang berseteru (Golkar dan PPP) untuk segera islah. Terakhir, jika belum ada putusan inkracht terkait konflik Parpol, KPU harus mengacu pada putusan pengadilan yang sudah ada sebelum pendaftaran calon Pilkada dibuka.

"Ini semua rekomendasi dalam rangka menertibkan partai yang berkonflik. Tidak mungkin KPU tidak melaksanakan ini karena ini kesepakatan bersama Komisi II," kata Ade di lantai 12 ruang Fraksi Partai Golkar gedung DPR, Jakarta, Rabu (29/4/2015).

Politikus yang akrab disapa Akom itu menjelaskan, peraturan KPU harus memberikan solusi terkait partai politik yang sedang mengalami kisruh.

"Apa jadinya PKPU tidak bisa menyelesaikan masalah ini. Hukum dibuat untuk menertibkan masyarakat yang sedang berkonflik," katanya.

Ade mengklaim berdasarkan pernyataan Ketua KPU Husni Kamil Manik pada panja terakhir, lembaga penyelenggara Pilkada itu akan mengikuti rekomendasi tersebut dan mencantumkannya dalam PKPU tentang pencalonan.(yn)

tag: #pkpu  #kisruh golkar  #ppp  #kpu  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement