Berita
Oleh Fitriani pada hari Sabtu, 09 Mar 2019 - 17:23:08 WIB
Bagikan Berita ini :

Jimly Asshiddiqie Ajak Masyarakat Tak Musuhi Korban Penyalahgunaan Narkoba

tscom_news_photo_1552126988.jpg
Ketua Umum ICMI, Prof Dr Jimly Asshiddiqie. (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua Umum Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI), Prof Dr Jimly Asshiddiqie, menegaskan, bahwa musuh negara dalam penyalahgunaan narkoba adalah mereka para sindikat pengedar dan bandar.

Sebab, menurut Jimly, bandar dan pengedar narkoba bekerja terorganisir dengan tujuan menghancurkan kehidupan bangsa.

Karenanya, mantan Ketua Mahkamah Konstistusi (MK) ini menyebut, status pengedar dan bandar narkoba dapatdikategorikan sebagai penjahat kelas berat. Sehingga sudah sepatutnya pengedar dan bandar narkoba dihukum maksimal.

Sebaliknya, kata Jimly, para pengguna atau penyalahgunaan narkoba hanyalah korban perbuatan yang keliru. Merekaseharusnya segera dilakukan rehabilitasi untuk proses pemulihan.Menurut Jimly, mereka juga tidak perlu dimusuhi oleh masyarakat.

"Kalau dalam kasus (mengonsumsi) narkoba itu, kan merupakan perbuatan yang keliru. Harus diluruskan lagi jalannya supaya tidak keliru," papar Jimly, di Jakarta, Sabtu (9/3/2019).

Bahkan, Caleg DPD RI Dapil Jakarta ini berpendapat, korban narkoba mestinya dikasihani dan disadarkan dari perbuatannya melalui upaya rehabilitasi dan diedukasi. Bukan justru dijebloskan ke dalam penjara.

Karena itu, Jimly pun mengimbau agar ke depan semua pihak dapat lebih memilah lagi mana yang perlu menjadi perhatian serius sebagai musuh negara dan yang seharusnya dipulihkan atau diselamatkan akibat narkoba.

"Korban narkoba itu dikasihani, jangan dimusuhi. Harus direhabilitasi. Jadi jangandibesar-besarkan kasus korban narkoba. Seluruh kalangan masyarakat Indonesia harus saling bersinergi untukmemerangi para pengedar dan bandar narkoba," pesan Jimly. (Alf)

tag: #jimlyasshiddiqie  #bnn  #narkoba  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Bersinergi dalam Beragam Aksi Kebaikan, Alumni ITB 1997 Gelar Acara Silaturahmi

Oleh Fath
pada hari Minggu, 05 Mei 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Alumni Institut Teknologi Bandung (ITB) Angkatan 1997 menegaskan kebersamaan dan komitmennya untuk beraksi dalam berbagai bentuk kegiatan positif dalam Temu Kangen Syner97 ...
Berita

Jemaah Haji Kloter Pertama Mulai 12 Mei

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Kementerian Agama (Kemenag) melaporkan, pemberangkatan perdana jemaah Haji 1445 Hijriah/2024 Masehi pada 12 Mei 2024. Di mana sebanyak 22 kelompok terbang (kloter) akan ...