Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Minggu, 28 Apr 2019 - 07:22:57 WIB
Bagikan Berita ini :

Pemilu 2019 Banyak Masalah, Ketua DPR RI Dorong Pemilu e-Voting

tscom_news_photo_1556410977.JPG
(Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Ketua DPR RI Bambang Soesatyo menyebut bahwa penyelenggaraan Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) yang tergabung dalam Pemilihan Umum (Pemilu) secara serentak, dengan sistem perhitungan suara dan sistem rekapitulasi suara manual yang melelahkan, waktu kampanye yang panjang dan penggunaan paku untuk mencoblos yang sangat primitif di era digital 4.0 harus segera dievaluasi dan diubah.

“Cara-cara ini harus segera diubah karena sangat merugikan kita semua. Saya mendorong Pemerintah, KPU dan DPR untuk mengevaluasi pelaksanaan Pemilu 2019 dan mengkaji Undang-Undang Pemilu yang ada, yaitu Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu,” tuturnya dalam rilis yang diterima, Minggu (28/4/2019).

Bamsoet, sapaan akrabnya itu menuturkan bahwa KPU sempat mengusulkan penggunaane-countingdan e-rekap, namun ia berharap lebih dari itu.Iamengusulkan adanya perubahan secara menyeluruh, hingga penggunaane-votingyang menurutnya akan lebih menghemat waktu dan biaya. Menurutnya, melalui sisteme-voting, tidak diperlukan lagi jumlah panitia penyelenggara, pengawas, saksi maupun keamanan yang banyak.

“Termasuk tidak dibutuhkan lagi pengadaan bilik suara, kotak suara, surat suara dan tinta. Sehingga melaluie-votingpenyelenggaraan Pemilu diharapkan bisa lebih mempermudah dan mempercepat proses perhitungan dan rekapitulasi suara, sehingga bisa meminimalisasi jatuhnya korban,” tambah Bamsoet.

Untuk itu, legislator dapil Jawa Tengah VII tersebut mendorong KPU untuk mempersiapkan sarana maupun prasarana, dan melakukan kajian secara matang terhadap rencana pelaksanaan Pilkada dan Pemilu jika menggunakan sisteme-voting.

“Ini penting dilakukan agar dapat menjamin azas jujur, adil dan rahasia tetap terjamin, kelancaran, keamanan, dan ketertiban pada pelaksanaan Pilkada dan Pemilu mendatang, serta selalu mengedepankan prinsip bekerja dengan transparan, berintegritas, profesional, dan independen,” tukas politisi Partai Golkar itu.

tag: #bamsoet  #pilpres-2019  #pemilu  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement