Berita
Oleh Mandra Pradipta pada hari Sabtu, 11 Mei 2019 - 19:54:04 WIB
Bagikan Berita ini :

583 Anggota KPPS Gugur, Presiden PKS Intruksikan Kader Pasang Bendera Setengah Tiang

tscom_news_photo_1557579244.jpg
Ilustrasi (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mohamad Sohibul Iman menyampaikan duka mendalam atas gugurnya583 petugas KPPS di pemilu 2019, baik dari unsur KPU, Bawaslu, polisi, dan saksi yang meninggal dunia.

Sohibul juga mendesak pemerintah segera menetapkan hari berkabung nasional. Dia juga meminta masyarakat memasang bendera setengah tiang sebagai bentuk duka nasional dan penghormatan kepada 583 petugas yang meninggal.

Selain korban meninggal juga ada 4.602 orang yang sakit karena diduga kelelahan dalam mengawalPemilu 2019.

"Pemilu 2019 telah menyisakan duka yang mendalam bagi bangsa Indonesia. Kami mendesak pemerintah segera menetapkan hari berkabung nasional dan meminta rakyat Indonesia berdoa dan mengibarkan bendera setengah tiang sebagai bentuk keprihatinan dan duka nasional terhadap para penyelenggara pemilu yang gugur dan sakit," ujar Sohibul Iman dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (11/5/2019).

Secara khusus, kepada pengurus struktur PKS seluruh Indonesia, Sohibul mengintruksikan agar kantor-kantor PKS dari tingkat pusat, wilayah, daerah, cabang, sampai ranting untuk memasang bendera merah putih setengah tiang.

“Sebagai wujud keprihatinan, rasa kemanusiaan, rasa solidaritas dan penghormatan atas jasa-jasa perjuangan mereka, DPP PKS menginstruksikan kepada pengurus PKS untuk bersama-sama mengibarkan bendera Merah Putih setengah tiang di kantor-kantor PKS," tegas Sohibul.

Menurut Sohibul, ratusan jiwa petugas pemilu yang meninggal dunia pada Pemilu 2019 merupakan kejadian luar biasa yang tidak boleh terulang pada pemilu yang akan datang. Untuk itu diperlukan evaluasi yang menyeluruh dari berbagai pihak, termasuk DPR.

"Kami dari PKS mengajak fraksi-fraksi di DPR untuk mendukung pembentukan Pansus Penyelenggaraan Pemilu yang bertujuan untuk mengevaluasi secara menyeluruh terhadap pelaksanaan Pemilu termasuk menyelidiki penyebab meninggal dan sakitnya petugas Pemilu 2019," terang Sohibul. (Alf)

tag: #pks  #pemilu-2019  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement