Berita
Oleh Fitriani pada hari Senin, 13 Mei 2019 - 23:44:17 WIB
Bagikan Berita ini :

Wahidin Halim Tandatangani Kerjasama Optimalisasi Pendapatan dan Penertiban Barang Daerah

tscom_news_photo_1557765857.jpg
Penandatanganan kersama sama Gubenur Banten Wahidin Halim dan delapan Kepala daerah di Provinsi Banten terkait program penertiban barang milik daerah, bersama Badan Pertanahan Nasional (BPN) Banten di Pendopo Gubenur Banten, Senin (13/5/2019). (Sumber foto : TeropongSenayan/fitriani.dok)

BANTEN(TEROPONGSENAYAN)--Gubenur Banten Wahidin Halim dan delapanKepala daerah di Provinsi Banten menandatangani kerjasama program penertiban barang milik daerah,bersama Badan Pertanahan Nasional (BPN) Banten di Pendopo Gubenur Banten, Senin (13/5/2019).

Selain itu, dilakukan juga penandatanganan optimalisasi pendapatan daerah antara Gubernur Banten dengan Bank BJB. Melalui program kerjasama tersebut, diharapkan akan ada penertiban dan penguatan status hak atas tanah milik pemerintah daerah. Sehingga dapat dioptimalkan dengan baik penggunaannya maupun pemanfaatannya untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Gubernur Banten Wahidin Halim menyambut baik bimbingan yang diberikan oleh KPK melalui program kerjasama tersebut.

Sebab, menurut dia, pselama iniseringkali ada gugatan hingga pendudukan fisik terhadap aset dan barang milik pemerintah daerah.

Dengan demikian, kerjasama dengan BPN ini diharapkan menjadi upaya agar aset atau barang daerah tidak hilang dan diklaim oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

“Sering kali kalau untuk aset dan barang milik daerah ada gugatan dan ramai pendudukan fisik dan lain sebagainya. Sekarang kita akselerasi agar tidak ada aset yang hilang dalam perjalannya oleh pihak yang tidak bertanggung jawab,” paparnya.

Menurut Wahidin, banyak aset Banten yang belum disertifikatkan, dan masih banyak potensi yang bisa digalih dengan kerjasama ini, terlebih jika dioptimalkan akan meningkatkan potensi pendapatan daerah. Sementara dari sisi aset barang milik daerah, secara adminitrasi.

Sehingga, Wahidin mengatakan, perlu ada bukti fisik atau catatan tertentu terhadap aset atau barang daerah yang dimiliki. Selain itu, sertifikasi terhadap aset atau barang daerah tersebut perlu ada sebagai bukti hukum yang sah.

“Tertib administrasi, seperti tertib fisik dan buku. Tertib fisik, saya minta (misalnya) ada plang nama di setiap aset (tanah dan bangunan) yang kita punya. Kita juga perlu kartu indentitas barang untuk pengguna dan penguasa barang, jadi harus tercatatkan,” terang dia.

Wakil Ketua KPK Alexander Marwata, menjelaskan, bahwa tujuan dari kerja sama ini adalah untuk meningkatkan pendapatan daerah.

“Ini tujuannya adalah mengoptimalkan bagaimana supaya pendapatan daerah itu bisa ditingkatkan dan semua pajak-pajak ini bisa diawasi, semua terekap langsung masuk ke bank daerah, seperti Bank Jabar (bjb) dalam hal ini,”jelasnya.

Selanjutnya, Inspektur Jenderal Kementerian ATR/BPN Sunraizal menuturkan, saat ini masih banyak aset pemda kabupaten/kota dan provinsi yang belum mendapatkan kepastian hukum seperti dalam hal kepemilikan tanah.

“Ini menajdi PR kita bersama pengelolaan yang kurang komprehensif akan menimbulkan masalah, karena perolehan dari hasil tidak tertibnya administrasi zaman dahulu,” tuturnya.

Di tempat yang sama, Walikota Tangerang Selatan (Tangsel) Airin Rachmi Diany menyampaikan, kerjasama ini untuk meningkatkan penerimaan Pendapatan Pajak Daerah (PPD) dari Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) melalui host-to-host data peralihan hak atas tanah antara BPN dan Pemerintah Daerah.

Serta meningkatkan penerimaan Pendapatan Pajak Daerah dari Pajak Restoran, Hotel dan Parkir, melalui pemasangan tapping tools untuk Wajib Pajak, dan juga meningkatkan transparansi penerimaan Pendapatan Pajak Daerah melalui tapping tools dan penyetoran pajak melalui jasa perbankan (transaksi non tunai).

Selain itu juga diharapkan dapatmeningkatkan sumber-sumber pembiayaan pembangunan daerah dari Pendapatan Asli Daerah (PAD), dan mengurangi konflik dan sengketa tanah.

"Harapannya dengan integrasi system ini akan mengurangi upaya-upaya pemalsuan BPHTB yang akan mengurangi potensi BPHTB demikian juga dengan PBB nya," pungkas Airin. (Alf)

tag: #kementerian-atrbpn  #kpk  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

TKN Akan Gelar Nobar Sidang Putusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 19 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran bakal menggelar acara nonton bareng sidang putusan sengketa hasil Pilpres 2024. Acara itu akan digelar secara sederhana bersama ...
Berita

Kemenhub Catat Arus Mudik-Balik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melaporkan pergerakan secara nasional angkutan arus mudik-balik Lebaran 2024 mencapai 242 juta orang. Kemenhub menilai pelaksanaan ...