Berita
Oleh Sahlan Ake pada hari Rabu, 29 Mei 2019 - 20:47:38 WIB
Bagikan Berita ini :

Soal Dalang Kerusuhan 22 Mei, Begini Kata Mantan Kabais

tscom_news_photo_1559137658.jpg
Suasana kerusuhan di depan Bawaslu RI, di Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu (22/5/2019) malam. (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mantan Kepala Badan Intelijen Strategis (Kabais) TNI, Laksda TNI (Purn) Soleman B. Ponto mengungkapkan, untuk menemukan dalang kerusuhan 21-22 Mei 2019 harusberdasar fakta-fakta hukum.

Namun, menurutnya, indikasi-indikasi tentang siapa yang harus bertanggung jawab atas kerusuhan tersebut sudah bisa terlihat lewat seruan-seruan dari sejumlah tokoh.

“Indikasi kan jelas, bahwa dari awal sudah ada seruan mari kita langgar aturan. (Seruan) dari Pak Prabowo ada, dari Pak Amin Rais ada. Ini kan sangat mungkin diikuti oleh yang bawah, ‘ayo kita langgar aja ramai-ramai,” kata Solemandalam diskusi bertajuk "Menguak Dalang Makar 22 Mei" di Kantor DPP PSI, Jalan Wahid Hasyim, Jakarta Pusat, Rabu (29/5/2019).

Seruan itu, lanjut Soleman, bisa dikelompokkan menjadi tiga jenis. Pertama adalah klaim kemenangan oleh Prabowo-Sandi. Kedua, sikap tidak mau menempuh jalur Mahkamah Konstitusi (MK). Ketiga, seruan rencana demonstrasi di jalan.

“Seruan-seruan seperti ini ke bawah akan diterjemahkan macam-macam, salah satunya seperi itu (kerusuhan). Pada dasarnya, di atas ini tidak menghendaki untuk mengkuti peraruran-peraturan yang ada,” paparnya.

Namun demikian, lanjut Soleman, masih harus dibutikan apakah seruan-seruan dari Prabowo, Amien Rais dan tokoh-tokoh lainnya terkait langsung dengan kerusuhan yang terjadi di lapangan.

“Apakah seruan ini betul-betul ada hubungan langsung dengan yang di bawah ini? Ini yang harus dibuktikan,” ujar Soleman.

Menurut Soleman, kerusuhan 21-22 Mei 2019 tidak muncul begitu saja. Dia menyebut awal dari rangkaian kerusuhan sudah bisa terlihat dari pasca-pencoblosan pada 17 April 2019.

“Dia pasti berawal dari 17 April, setelah ada quick count, dari situ kan pemanasan sudah mulai, (ada seruan) ’mari kita langgar aturan’. Muncul Pak Amien Rais ‘mari kita muncul ke jalan’,” ujarnya. (Alf)

tag: #bawaslu  #pilpres-2019  #polri  
Bagikan Berita ini :
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - ZAKAT
advertisement
Advertisement
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - ZAKAT
advertisement
Dapatkan HARGA KHUSUS setiap pembelian minimal 5 PACK
advertisement
The Joint Lampung
advertisement
Berita Lainnya
Berita

BPIP: Pendekatan Agama dan Persaudaraan Kunci Atasi Rasisme

Oleh Yoga
pada hari Kamis, 28 Jan 2021
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Isu rasialisme kembali mencuat dan jadi perbincangan hangat akhir-akhir ini di Indonesia. Rasialisme biasanya berlatar belakang agama, kekerasan etnik, kekerasan gender, ...
Berita

Stok Gula Menipis, Presiden Diminta Tegur Menteri Perindustrian

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Pada tanggal 4 Januari 2021 lalu  Asosiasi Industri Minuman Ringan (Asrim) mengirim surat kepada Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita. Dalam surat ...